Belum Ada Wadah Kelanjutan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Manggarai, Apa Solusinya?

Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai menginginkan anak berkebutuhan khusus mendapat pendidikan yang layak.

Belum Ada Wadah Kelanjutan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Manggarai, Apa Solusinya?
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H ketika memantau UN yang diikuti anak berkebutuhan khusus di SMPN 2 Langke Rembong.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai menginginkan anak berkebutuhan khusus mendapat pendidikan yang layak.

Sebab, sampai saat ini anak berkebutuhan khusus di Manggarai yang ingin melanjutkan pendidikan masih tersandung karena belum adanya sekolah yang disiapkan oleh pemerintah.

Baca: Atasi Kekurangan Guru Biologi, Uniflor Ende Lakukan Ini

"Di Manggarai ada Sekolah Luar Biasa (SLB) Tenda untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus yang mau masuk sekolah dasar. Ketika tamat SD mau melanjutkan ke SMP dan SMA tapi sekolahnya tidak ada. Selama ini siswa SLB yang melanjutkan pendidikan SMP diterima di SMPN 2 Langke Rembong tapi jatahnya sedikit sekali," kata Kabid SMP, Frans Gero kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Jumat (27/4/2018) pagi.

Baca: Prihatin Jalan Rusak dan Penuh Semak, Satgas Pamtas Pos Foholulik Ajak Masyarakat Lakukan Ini

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H, jelas Frans, meminta Dinas Pendidikan Manggarai melakukan kajian agar dibahas di tingkat provinsi.

"Kami sudah pernah melakukan kajian. Namun kali ini kami akan kaji jumlah siswanya sesuai permintaan Bupati Manggarai. Kewenangan SLB ada di provinsi, bukan di kabupaten. Memang di Manggarai sudah ada SLB tapi kami pernah usul ke provinsi agar ada SLB satu atap. Jadi setelah SD bisa lanjut ke SMP dan SMA," ujar Frans.

Frans menegaskan, permintaan Bupati Manggarai agar dilakukan pengkajian penting untuk mengetahui jumlah siswa yang tamat SD, SMP dan SMA sehingga bisa diperhatikan pemerintah provinsi. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help