Inilah 11 Jenis Keluhan Pasien Melalui Ombudsman Nusa Tenggara Timur, Nomor 4 dan 8 Paling Menarik

Secara khusus pelayanan rumah sakit dilihat dari sisi perlindungan terhadap pasien. Sebagai orang yang sehari-hari berkecimpung

Inilah 11 Jenis Keluhan Pasien Melalui Ombudsman Nusa Tenggara Timur, Nomor 4 dan 8  Paling Menarik
Pos Kupang/John Taena
Pasien BPJS yang hendak mendapatkan layanan kesehatan di RSUD Prof. W. Z Johanes Kupang beberapa waktu lalu 

Oleh: Darius Beda Daton
Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT

POS KUPANG.COM -- Di hadapan para pimpinan rumah sakit di Kota Kupang, pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) NTT, Pengurus Persatuan Rumah sakit Seluruh Indonesia (PERSI) NTT, BPJS Kesehatan dan Profesor Dr. H. Hasbullah Thabrany selaku staf ahli Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), pada 8 Maret 2018, saya menyampaikan kegelisahan mendalam terkait realitas pelayanan kesehatan di NTT.

Secara khusus pelayanan rumah sakit dilihat dari sisi perlindungan terhadap pasien. Sebagai orang yang sehari-hari berkecimpung di bidang pengawasan pelayanan publik, termasuk pelayanan publik dasar bidang kesehatan, setiap hari saya menerima SMS dan telepon dari pasien atau keluarganya terkait pelayanan kesehatan yang mereka terima dari rumah sakit atau puskesmas di Kota Kupang dan kabupaten lain di NTT.

Jika merasa perlu, terkadang saya mengunjungi mereka guna memastikan apa yang disampaikan benar adanya. Saya juga kerap berdiskusi dengan manajemen rumah sakit guna mencari jalan keluar permasalahan yang dialami pasien.

Dalam forum tersebut, saya menyampaikan data dan fakta dalam statistik pengaduan masyarakat NTT ke Kantor Ombudsman NTT selaku lembaga negara pengawas pelayanan publik dalam kurun waktu tahun 2016-2017.

Data dan fakta tersebut dihimpun dari komplain masyarakat kepada Ombudsman RI serta monitoring Pelayanan di Rumah Sakit , Survei Indeks Kepuasan Masyarakat, Survei Kepatuhan Standar Pelayanan, dan Kunjungan tanpa pemberitahuan ke loket pelayanan rumah sakit dan puskesmas yang kerap saya lakukan. Apa saja yang dikeluhkan masyarakat NTT terkait pelayanan kesehatan?

Substansi Pengaduan

Mengacu pada data pengaduan masyarakat NTT dalam kurun waktu tahun 2016-2017 kepada Kantor Ombudsman RI Perwakilan NTT maka terdapat tiga instansi yang kerap dilaporkan atau menjadi penyumbang terbesar komplain publik terkait pelayanan bidang kesehatan yaitu rumah sakit, puskesmas, dan BPJS Kesehatan.

Meski secara kuantitas jumlah laporan kepada tiga institusi ini tidak banyak, tetapi substansi laporan warga beraneka rupa. Pertama, antrean pada loket pendaftaran pasien BPJS Center sangat panjang sehingga waktu tunggu pendaftaran pasien khususnya di RSUD W.Z Johannes Kupang cukup lama.

Akibatnya pelayanan ke poli terlambat dan berimbas ke pemeriksaan unit penunjang. Dalam sehari, pasien tak bisa menuntaskan seluruh tahap pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkannya. Kedua, keterbatasan dokter spesialis.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help