Korban Human Trafficking, Yovita Hala Tersenyum Saat Tiba di Malaka

data dari Dinas Sosial Banda Aceh serta assesment pendampingan P2TP2A Kabupaten Belu terindentifikasi korban mengalami trauma berat.

Korban Human Trafficking, Yovita Hala Tersenyum Saat Tiba di Malaka
FOTO/TENI JENAHAS
Yovita Hala (15), korban kasus human trafficking yang dipulangkan P2TP2A Kabupaten Belu saat tiba di Kantor Bupati Malaka, Kamis (19/4/2018).

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Teny Jenahas 

POS KUPANG.COM|BETUN--Yovita Hala (15), korban human trafficking yang dikirim oleh Dinas Sosial Provinsi Banda Aceh tersenyum saat tiba di Malaka, Kamis (19/4/2018).

Yovita dikirim oleh Dinas Sosial Provinsi Banda Aceh melalui P2TP2A Kabupaten Belu tanggal 4 April 2018 dan selanjutnya, P2TP2A Kabupaten Belu memulangkan Yovita ke Kabupaten Malaka, Kamis (19/4/2018), pukul 22.00 Wita. Korban selama 14 hari dilakukan rehabilitasi oleh P2TP2A Belu.

Yovita diterima Asisten I Setda Malaka, Zakarias Nahak, Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Malaka, Yosefina Bete Manek.

Selanjutnya Yovita dipulangkan ke alamatnya di Desa Seserai, Kacamatan Wewiku, Kabupaten Malaka sekitar pukul 13.00 Wita difasilitasi P2TPA2.

Baca: Mulai dari Para Lurah, Mutasi di Pemkot Kupang Akan Dilakukan Dua Minggu Lagi

Baca: Duh! Ini Tiga Daerah di NTT Yang Mengalami Cuaca Ekstrim, Bagaimana dengan Daerah Kamu?

Berdasarkan penjelasan dan data dari Dinas Sosial Banda Aceh serta assesment pendampingan P2TP2A Kabupaten Belu terindentifikasi korban mengalami trauma berat.

Untuk memulihkan kondisi psikisnya, korban dapat diberikan konseling, pendampingan yang rutin dan peningkatan kualitas hidup serta pendidikan karena korban tergolong buta huruf.

Asisten I Setda Malaka, Zakarias Nahak menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu dan P2TP2A Kabupaten Belu yang telah membantu merehabilitasi korban hingga proses pemulangan korban ke Malaka dalam keadaan sehat.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help