15 Ribu Pemilih di Sikka Belum Rekam e- KTP Terancam Tak Bisa Ikut Memilih

KPU Kabupaten Sikka meliris 15 ribu pemilih yang telah memenuhi syarat pilih, namun belum merekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

15 Ribu Pemilih di Sikka Belum Rekam e- KTP Terancam Tak Bisa Ikut Memilih
POS-KUPANG.COM/EGINIUS MO'A
Ketua KPUD Sikka, Vivano Bogar 

Laporan wartawan Pos-Kupang.Com, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka meliris 15 ribu pemilih yang telah memenuhi syarat pilih, namun belum merekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Diharapkan warga Sikka yang belum mereka data e-KTP melakukan perekaman sehingga bisa menggunakan hak pilih dalam pilkada calon Bupati/Wakil Bupati Sikka serta Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT tanggal 27 Juni 2018.

Baca: Ini Jumlah Pemilih di Sikka yang Ditetapkan KPUD

"Data 15 ribu pemilih dari Dispenduk Sikka. Kalau 15 ribu pemilih lakukan perekaman e- KTP, maka mereka punya kesempatan ikut pilkada. Partisipasi mereka akan terlihat pada saat pencoblosan," kata Ketua Komisioner KPUD Sikka, Vivano Bogar, S.Fil, S.H,kepada wartawan seusai pengesahan DPT pilkada, Kamis (19/4/2018) di Aula Karmel Maumere.

Baca: KPUD Sikka Tetapkan 187.672 Pemilih Pilkada

Vivano mengatakan, 15 pemilih ini masih punya kesempatan menggunakan hak pilihnya bila mereka sudah melakukan perekaman e- KTP. Dengan modal e-KTP, mereka dapat memberikan suara, bahkan dengan mengunakan surat keterangan (Suket) setelah perekaman e- KTP, pemilih datang ke tempat pemungutan suara memberikan suara.

"Kita imbau warga yang belum merekam e- KTP ini segera lakukan perekaman. Karena Suket bisa dikeluarkan bilamana telah melakukan perekaman e-KTP. Tidak ada dokumen yang lain yang diperkenankan," pinta Vivano.

Baca: Jumlah Pemilih Pilkada Serentak di Nagekeo 92.670 Orang

Ia mengatakan, 15 ribu pemilih ini selain merupakan pemilih baru yang telah memenuhi syarat 17 tahun juga warga yang sudah punya hak pilih tetapi belum melakukan perekaman.

KPUD Sikka menetapkan 187.672 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berhak mengikuti pilkada calon Bupati/Wakil Bupati Sikka serta Gubernur NTT dan Wakil Gubernur NTT tanggal 27 Juni 2018. Jumlah DPT ini lebih banyak dari daftar pemilih sementara (DPS) 173.733 pemilih atau bertambah sebanyak 13.939 pemilih. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help