Ile Ape Siapkan 9 Hektare Lahan Bawang Merah untuk Percontohan

Kecamatan Ile Ape menyiapkan 9 hektare lahan untuk ditanami bawang merah. Lahan seluas itu tersebar di sejumlah desa di kecamatan tersebut.

Ile Ape Siapkan 9 Hektare Lahan Bawang Merah untuk Percontohan
POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Kepala Desa Muruona, Arnold P

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Kecamatan Ile Ape menyiapkan 9 hektare lahan untuk ditanami bawang merah. Lahan seluas itu tersebar di sejumlah desa di kecamatan tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Muruona, Arnold P, ketika ditemui Pos-Kupang.Com di Lewoleba, Rabu (18/4/2018). Hal itu dibenarkan Kepala Desa Watodiri, Goris Waleng.

Baca: Sehari Sekolah di Sasando, 40 Peserta Ini Langsung Praktik di Kolam Baumata

Arnold mengatakan, ada enam desa di kecamatan itu yang telah menyiapkan lahan untuk usaha budidaya bawang merah. Lahan itu sebagai contoh untuk usaha bawang merah di wilayah tersebut.

Enam desa itu, lanjut Arnold, yakni Desa Petung Tawa 1 hektare, Desa Riang Bao 1 hektare, Desa Kolontobo 2 hektare, Desa Laranwutun 3 hektare, Desa Muruona 1 hektare dan Desa Watodiri 1 hektare.

Baca: Sebelum Dibekuk, Pencuri Emas Itu Naik ke Lantai IV Lemudian Lompat dari Ruko ke Ruko

Desa Laranwutun menyiapkan 3 hektare, karena di desa itu sejumlah warga Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengolah lahan pertanian dan menanaminya dengan benih bawang merah.

Sedangkan desa lain rata-rata menyiapkan satu hektare, karena masyarakat setempat belum terbiasa menanam bawang merah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Yang ditanami hanyalah jagung tapi umumnya dilakukan saat musim hujan.

Baca: Agen Perpajakan Nasional Lebarkan Sayap ke NTT

Untuk mengubah kebiasaan masyarakat itu, lanjut dia, tentunya butuh waktu. Untuk itulah pemerintah desa hanya menyiapkan lahan satu hektare sebagai kebun percontohan bagi budidaya tanaman bawang merah itu.

"Kalau kebun contoh ini berhasil, maka masyarakat pasti akan menirunya. Nah, itu yang kami harapkan bisa terjadi di desa-desa di Kecamatan Ile Ape pada hari-hari mendatang," ujar Arnold. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved