Woow! Ada Temuan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2016 di Manggarai Timur

Penegasan kami jelas.Tidak ada SPJk dananya kami tidak cair.SPJ ini penting.Tidak boleh tunda nanti lama-lama

Woow!  Ada Temuan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2016 di Manggarai Timur
pos kupang.com, aris ninu
Proyek Dana Desa di Kabupaten Matim yang sudah melibatkan warga desa

 Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com,Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG--Hasil audit BPK RI atas pengelolaan dana desa tahun 2016 di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) ada penyimpangan dana desa karena laporan pengelolaan tidak dibuat.

Penyimpangan dana tersebut sudah diklarifikasi dan dituntaskan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Matim pada Februari 2018 lalu.

Atas temuan itu, Dinas PMD Matim kini telah memerintahkan semua kades di Matim agar mempercepat laporan pertanggungjawaban dana desa.

"Pada tahun 2016 ada temuan saat pemeriksaan dari BPK soal dana desa.Temuan itu karena tidak ada pertanggungjawaban dana desa usai pencairan.Temuan BPK tahun 2016 menjadi pelajaran berharga bagi kami di dinas.

Maka itu saat ini kami akan terus mendorong aparat desa segera selesaikan laporan penggunaan dana desa.Kenapa kami dorong dan perhatikan khusus karena ada pengalaman yang bagi kami jadi pelajaran.Oleh karena itu kebijakan di dinas desa yang tidak membuat surat pertanggungjawaban (SPJ) dana desa maka uangnya tidak akan kami cair,"ujar Kabid Pembangunan Desa pada Dinas PMD Matim,Maksi Durfan ketika ditemui Pos Kupang Com di ruang kerjanya,Selasa (17/4/2018) siang.

Maksi menegaskan,temuan tahun 2016 karena tidak ada SPJ dari kades yang mengelola dana desa.

"Penegasan kami jelas.Tidak ada SPJk dananya kami tidak cair.SPJ ini penting.Tidak boleh tunda nanti lama-lama jadi kebiasaan lalu ada temuan saat pemeriksaan BPK,"papar Maksi.

Ia mengungkapkan,penyelesaian SPJ oleh aparat desa yang belum membuat laporan keuangan pengelolaan dana desa tahap dua tahun 2017 sudah jadi perhatian khusus Dinas PMD Matim.

"Kebijakan tingkat lokal dan arahan Inspektorat Matim jelas dan tegas.Tidak ada SPJ dana desa tidak akan cair.Ini yang buat kami terus desak agar SPJ 49 desa di Matim harus dituntaskan oleh kades,"tegas Maksi.(*)

Baca: Jumlah Pemilih di NTT Kok Bertambah? Ini Penyebabnya

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help