Petani Lawalu Puas dengan Hasil Jagung RPM

Petani Kelompok Sinar Beilulik, Desa Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, mengaku sangat puas dengan hasil jagung yang ditanamnya

Petani Lawalu Puas dengan Hasil Jagung RPM
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Petani Kelompok Sinar Beilulik, Desa Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, saat panen jagung RPM bersama Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, BETUN - Petani Kelompok Sinar Beilulik, Desa Lawalu, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, mengaku sangat puas dengan hasil jagung yang ditanamnya tahun 2018. Pasalnya, produktivitasnya meningkat drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kami sangat puas dengan hasil jagung yang ditanam tahun ini. Kami senang karena dengan adanya perhatian yang tinggi dari pemerintah, maka kami bisa menikmatinya," kata Nimrot Kase, Ketua Kelompok Tani pada saat panen simbolis jagung RPM, Jumat (13/4/2018).

Baca: Pemilih yang Belum Miliki e-KTP Bisa Coblos Asalkan Kantongi Barang Ini

PPL Desa Lawalu, Maria Helene Bere mengatakan, pola tanam jagung yang dilakukan Kelompok Tani Sinar Beilulik adalah Double Track dengan varietas Bisi 18. Luas lahan Kelompok Sinar Beilulik 0,20 hektare dengan produksi 8,8 ton per hektare dan produktivitas 1,76 ton kering panen.

Maria mengatakan, melalui pendampingan intensif dari PPL dan mengikuti pola tanam yang dianjurkan tim pakar, hasil jagung yang dipanen kelompok sangat bagus. Hasil jugung tersebut bisa mencukupi kebutuhan hidup anggota kelompok bahkan sisanya untuk dijual mendapatkan uang.

Baca: Club Motor CB Malaka Minta DPR RI Tidak Buru-buru Revisi UU Lalu Lintas

Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok, seusai melakukan panen jagung secara simbolis mengatakan, hasil jagung yang berlimpah itu merupakan bukti kerja keras petani dalam menanam dan merawat jagung sesuai petunjuk.

"Hari ini kita lakukan panen jagung secara simbolis dan hasilnya sangat bagus. Ini semua merupakan bukti bahwa dengan adanya kerja sama yang baik, pasti masyarakat akan menikmati hasilnya dengan baik pula," kata Edu Bere.

Baca: Fasilitator Puji Keseriusan Peserta Membuat Kandang Jepit dan Pengawetan Pakan, Ini Harapannya

Menurut Edu Bere, melalui Program Revolusi Pertanian Malaka, pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Stefanus Bria Seran terus memberikan support dan motivasi kepada masyarakat untuk mengolah lahannya.

Hal itu terbukti dengan adanya kegiatan balik lahan secara gratis, pemberian pupuk dan obat-obatan serta pendampingan dari Tim Pakar.

"Kita sangat bersyukur bahwa Bupati Malaka dalam program prioritas RPM sangat konsen kepada masyarakat terutama di bidang pertanian, sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dari waktu ke waktu " katanya penuh semangat. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help