WOW! Kabupaten Kupang Segera Miliki 34 Desa Adat

soal pemekaran desa. Dari total 160 desa di Kabupaten Kupang, yang mengajukan pemekaran berasal dari 47 desa dengan jumlah desa pemekaran 56 desa

WOW! Kabupaten Kupang Segera Miliki 34 Desa Adat
pos kupang.com, edy hayong
Bagian Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kupang, Florence Lulan

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Edy Hayong

POS KUPANG.COM, OELAMASI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang saat ini tengah memroses pembentukan desa adat. Proses pembentukan desa adat ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2016 dimana yang diusulkan ada 79 calon desa adat, 34 diantaranya memenuhi syarat untuk diajukan ranperda ke DPRD Kabupaten Kupang untuk ditetapkan dalam peraturan daerah (perda).

Kepala Bagian Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kupang, Florence Lulan, kepada Pos Kupang, Senin (16/4/2018) menjelaskan, sesuai amanat UU nomor : 6 tahun 2014 tentang desa didalamnya mengatur soal pembentukan desa adat. Menindaklanjuti amanat UU itu maka saat ini pemkab Kupang melaksanakan identifikasi terhadap 79 desa adat dan yang memenuhi syarat sebanyak 34 desa.

"Kita kerjasama dengan akademisi Undana dalam identifikasi terhadap 79 desa adat yang penuhi syarat hanya 34 desa. Kita sudah susun ranperda dan segera ajukan ke dewan untuk penetapan perda," katanya.

Menurutnya, sejauh ini memang ada kendala karena pemerintah Provinsi NTT belum mengeluarkan perda mengenai penyelenggaraan penataan desa adat. Sambil menunggu perda tersebut pihaknya sudah melakukan persiapan pembentukan desa adat, sehingga ketika perda provinsi turun maka tidak merepotkan lagi.

Untuk tahap awal ini, kata Lulan, pada sidang bersama dewan nanti akan ditetapkan 19 desa adat sambil menyusul sisanya. Ini dilakukan karena Kabupaten Kupang sudah ditetapkan secara nasional sebagai kabupaten ikon pembentukan desa adat. Ada 52 indikator penilaian suatu desa adat ditetapkan.

"Kita di Kabupaten Kupang memang sangat proaktif menindaklanjuti UU nomor : 6 tahun 2014. Nanti kalau sudah ada desa adat maka turunannya akan ada pembentukan perangkatnya termasuk aturan-aturan. Intinya sekarang kita tetapkan dulu melalui perda. Saya yakin dalam waktu dekat perda provinsi sudah turun," katanya.

Pada bagian lain Lulan juga menjelaskan soal pemekaran desa. Dari total 160 desa di Kabupaten Kupang, yang mengajukan pemekaran berasal dari 47 desa dengan jumlah desa pemekaran 56 desa. Seluruh usulan itu sesungguhnya sejak lama yakni dari tahun 2005, 2008, 2012 dan 2013 sehingga baru terjawabi saat ini. Ini semua dilakukan karena luas wilayah Kabupaten Kupang termasuk topografi yang kurang bersahabat. Seluruh desa pemekaran itu sudah layak dimekarkan sambil menunggu proses verifikasi sebelum penetapan secara resmi oleh bupati.

"Tugas kita menjawabi usulan warga. Saat ini kita sudah akomodir selanjutnya kita tunggu sikap bupati. Memang sesuai aturan ujicoba selama 3 tahun kalau tidak mandiri maka bergabung kembali ke desa induk," kata Lulan.(*)

Baca: Oknum ini Mengaku Polisi Lalu Ajak Korban Bersetubuh

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help