PSI NTT Menerima Bacaleg tanpa Mahar, Tapi Harus Ikuti Tiga Tahapan Seleksi Ini

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak menerima mahar dalam menerima bakal calon legislatif (Bacaleg).

PSI NTT Menerima Bacaleg tanpa Mahar, Tapi Harus Ikuti Tiga Tahapan Seleksi Ini
POS-KUPANG.COM/GORDI DONOFAN
Para Bacaleg PSI saat mengambil Id Card di panitia seleksi di Resto Calebes, Kayu Putih Kupang, Senin (16/4/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak menerima mahar dalam menerima bakal calon legislatif (Bacaleg). Namun, bacaleg harus mengikuti tiga tahapan seleksi yang ada di PSI.

"Yang pertama adalah uji administrasi atau uji pemberkasan. Kalau bacaleg ini lolos uji pemberkasan dan berkas lengkap maka mereka lanjutkan mengikuti uji kompetensi," kata Ketua DPW PSI NTT, dr. Christian Widodo, di sela-sela kegiatan seleksi Bacaleg DPRD Provinsi NTT dari PSI NTT di Resto Calebes Kayu Putih Kupang, Senin (16/4/2018).

Baca: Dikawal 5 Bodyguard, Katy Perry Kunjungi Obyek Wisata di Taman Nasional Komodo

Christian menjelaskan, tahap kedua adalah uji kompetensi. Uji kompetensi bertujuan mengetahui kapasitas bacaleg.

Dalam uji kompetensi ini, para bacaleg akan ikuti tes wawancara oleh tim independen atau tim panelis.

"Kami ambil tokoh akademisi, tokoh agama, aktivis perempuan, dan pengamat politik dan satu orang dari PSI. Jadi yang wawancara itu bukan kami pengurus. Kami punya keterikatan atau tendesi. Jadi kami netral," kata Christian.

Baca: Ini Alasan yang Dipakai 10 Calon TKI Agar Lolos ke Tarakan, Tapi Aparat tak Mudah Percaya

Ia mengaku, lembar penilaian itu didatangkan dari pusat. Para bacaleg akan dinilai bagaimana visi-misi, tutur bahasa dan sikapnya.

Christian menjelaskan, setelah uji kompetensi, akan ada uji sosialisasi. "Bacaleg akan lakukan sosialisasi. Lalu dinilai cara sosialisasi kepada publik. Tiga tahapan inilah yang harus diikuti sehingga nanti caleg-caleg yang lolos dari PSI adalah caleg-caleg yang berkualitas, yang berkompeten," katanya.

Baca: Kapolres Sumba Timur Sebut Operasi Miras Persempit Ruang Gerak Kriminal

Christian menjelaskan, hanya PSI yang melakukan seleksi selama tiga tahap dan tanpa mahar. Ia mengharapkan agar semua bacaleg yang daftar di PSI dapat mengikuti semua tahapan dengan baik. Harus dipersiapkan dengan baik karena semuanya ikut aturan main PSI.

"Harus mengikuti tahapan seleksi yang ketat. Tahapan seleksi seperti ini hanya PSI. Menjadi apa adanya. Visi misinya disampaikan dengan baik, menjadi diri sendiri dan menghargai segala keputusan yang akan dikeluarkan oleh DPW PSI NTT," kata Christian. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved