Perwakilan Kementrian Pertahanan Gelar Pareda Cinta Tanah Air, Ini Pesertanya

lomba parade cinta tanah air (PCTA) pada mahasiswa dan pelajar sekolah menengah atas se-provinsi NTT

Perwakilan Kementrian Pertahanan Gelar Pareda Cinta Tanah Air, Ini Pesertanya
Pos Kupang/Gaudiano Colle
Suasana Perlombaan Parade Cinta Tanah Air yang dilaksanakan oleh Kemhan Provinsi NTT di Aula El Tari Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Perwakilan Kementrian pertahanan menggelar pembinaan sumber daya manusia dalam bentuk sosialisasi lomba parade cinta tanah air (PCTA) pada mahasiswa dan pelajar sekolah menengah atas se-provinsi Nusa Tenggara Timur di Aula Makorem Senin (16/4/2018).

Kegiatan ini dihadiri mahasiswa dari 5 Universitas dan juga pelajar SLTA se provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam kegiatan sosialisasi ini Yakobus Manuel selaku alumni PCTA menjelaskan garis besar mengenai Lomba parade cinta tanah air kepada para peserta yang terlihat serius mendengarkan penjelasan. Yakobus dalam penjelasannya mengatakan visi alumni PCTA adalah untuk mewujudkan generasi muda indonesia yang cinta tanah air yang punya karakter cinta tanah air dan bela negara. " Misi kita adalah menciptakan alumni PCTA yg pancasialis, kemudian meningkatkan keterampilan dan kemampuan individu serta organisasi alumni PCTA, serta menumbuhkan karakter bela negara dan cinta tanah air," ujar Yakobus.

Menurut Yakobus akan ada 3 tahap mekanisme lomba parade cinta tanah air yaitu yang pertama pendaftaran dan teknikal meeting, kedua adalah tahap registrasi peserta dan juga penarikan nomor undian dan tahap penyisihan, sedangkan tahap ketiga semi final dan Final.. Adapun materi yang dilombakan antara lain Pancasila, UUD 1945, Pengetahuan Umum, Pengetahuan tentang pertahanan negara meliputi UU No 3/2002/pertahanan negara, UU Nomor 34 2004 tentang TNI, strategi pertahanan negara dan doktrin pertahanan negara,

" Sedangkan untuk keterampilan meliputi olahraga, seni, beladiri, agama. Khusus untuk keterampilan harus ada piagam atau sertifikat yang menunjukan bahwa kalian pernah mengikuti kegiatan tersebut sebelumnya dan juga menunjukan.kompetenai dalam.keterampilan tersebut," ujar yakobus.

Selain itu kolonel Fruski Yusuf Suatan sebagai pejabat pelaksana kepala perwakilan kementrian pertahanan mengatakan pihak sekolah yangbdiundang sebanyak 50 sekolah dan 5 universitas se Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini menurut Fruski merupakan.kegiatan untuk meningkatkan intelektual dan keterampilan kaum.muda agar bisa memeprtahankan negara melalui cara seperti ini.

" Tugas peserta soaialisasi adalah kembali dan sosialisasikan kepada teman teman yang ikut lomba di sekolah dan unoversitas setelah lomba nanti kita akan ketemu teman-teman dari 34 provinsi saya harap teman temannini bisa siapkan secara baik," ujarnya.

Untuk pendaftarannya 1 team terdiri dari dua orang fan bisa berasal dari fakultas berbeda tapi tetap satu lembaga. Begitupun dengan SLTA diperbolehkan beda kelas tapi tetap satu lembaga. Dan perayaratan lainnya Kelas 3 tidak diperkenankan untuk ikut dan untuk tingkat Universitas batas maksimal yang bisa mengikuti parade ini adalah semester 6 dan diatas itu tidak diperkenankan untuk bergabung. (*)

Baca: Pagar Rumah Pelaku Persetubuhan Diamuk Massa

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help