Perang Dunia III - AS dan Sekutu Gempur Suriah, Tembakkan Lebih dari 100 Misil

Dalam serangan pertama ke Suriah, Sabtu (14/4/2018), Amerika Serikat dan sekutunya sudah melepaskan lebih dari 100 misil penjelajahnya.

Perang Dunia III - AS dan Sekutu Gempur Suriah, Tembakkan Lebih dari 100 Misil
HANDOUT/AFP
Dalam foto yang dirilis Kemenhan Perancis memperlihatkan sebuah misil penjelajah diluncurkan dari sebuah kapal perang Perancis di Lautu Tengah, Sabtu (14/4/2018), untuk menghantam sejumlah sasaran di Suriah. 

POS-KUPANG.COM - Dalam serangan pertama ke Suriah, Sabtu (14/4/2018), Amerika Serikat dan sekutunya sudah melepaskan lebih dari 100 misil penjelajahnya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim, sistem pertahannya berhasil merontokkan sejumlah misil Sekutu.

"Sistem pertahanan udara Suriah berhasil merontokkan misil-misil sekutu dalam jumlah yang signifikan," demikian Kemenhan Rusia seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

"Sistem pertahanan Suriah merupakan buatan Uni Soviet lebih dari 30 tahun lalu," tambah Kemenhan Rusia.

Rusia menambahkan, serangan Sekutu itu tidak mengenai kawasan yang dilindungi sistem pertahanan Rusia terutama di sekitar pangkalan AU Khmeimim dan pangkalan AL Tartus.

Baca: Perang Dunia III akan Pecah, TV Rusia Minta Penonton Bersiap-siap Hadapi Kemungkinan Terburuk

Baca: Amerika Mulai Gempur Suriah. Video Serangan Beredar di Media Sosial!

Baca: Presiden Donlad Trump Perintahkan Militer AS Serang Suriah

Lebih jauh, Rusia mengatakan, misil-misil sekutu itu ditembakkan dari kapal-kapal perang AS di Mediterania ditambah jet-jet tembur serta pengebom strategis milik AS.

Sebelumnya, pada Sabtu pagi, Amerika Serikat dan sekutunya melakukan serangan udara ke sejumlah lokasi strategis di Suriah.

Serangan ini dilakukan sebagai respons Amerika Serikat terhadap dugaan serangan senjata kimia yang dilakukan Suriah di kota Douma pada 7 April lalu.

Selain Amerika Serikat, jet-jet tempur Inggris juga beraksi menyerang sejumlah lokasi yang diduga sebagai fasilitas penyimpanan senjata kimia Suriah.(Ervan Hardoko Edi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul AS dan Sekutunya Tembakkan Lebih dari 100 Misil ke Suriah

Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved