Terkait Umpan Komodo, Tidak Semua Keinginan Wisatawan Harus Dipenuhi

alau Komodo itu kelelahan saat mengejar umpan dari kapal, bisa saja terjadi hal yang fatal. Komodo sendiri yang terancam keselamatannya

Terkait Umpan Komodo, Tidak Semua Keinginan Wisatawan Harus Dipenuhi
pos kupang.com, servan mamilianus
Salah satu pemandangan pantai dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Laporan wartawan poskupang.com, Servatinus Mammilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO--Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Blasius Jeramun, ingatkan kepada Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) dan pegiat pariwisata bahwa tidak semua keinginan wisatawan harus dipenuhi untuk menikmati alam di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Hal itu disampaikannya berkaitan dengan kasus umpan komodo oleh salah satu kapal wisata di Nusa Kode, selatan Pulau Rinca yang diduga dilakukan agar wisatawan bisa melihat dari dekat Komodo yang sedang berenang.

"Jangan sampai ada niat yang kurang baik sehingga mereka mengumpan komodo, begitu ada peluang mereka akan apa-apakan komodo. Jangan ikuti semua kemauan dari wisatawan, harus selektif," kata Blasius kepada poskupang.com, Senin (9/4/2018).

Pelayanan kepada wisatawan kata dia, harus mempertimbangkan keberlangsungan dan kenyamanan ekosistem.

"Kalau Komodo itu kelelahan saat mengejar umpan dari kapal, bisa saja terjadi hal yang fatal. Komodo sendiri yang terancam keselamatannya atau pengguna kapal yang terancam. Jangan sampai terulang lagi," kata Blasius.

Sebelumnya diberitakan, lokasi terjadinya pengumpanan Komodo seperti yang terlihat dalam video yang beredar luas saat ini, terjadi di Nusa Kode atau bagian selatan Pulau Rinca, dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca: Jalan Poros Tengah Rusak Parah

Dalam video itu terlihat ada umpan yang memancing komodo untuk mendekati salah satu kapal wisata, beberapa komodo terlihat berenang di pantai itu dan ada yang mengejar umpan dari arah kapal.

Video itu diambil dari arah kapal lain yang juga dekat dengan beberapa komodo di pantai tersebut.(*)

Baca: Gubernur Jambi Zumi Zola Akhirnya Ditahan KPK Setelah Diperiksa 8 Jam, Ini Ekspresinya

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help