PosKupang/

Walikota Kupang Klaim Sudah Bangun Sanitasi Lingkungan di Empat Kecamatan

Pemkot Kupang telah membangun prasarana sanitasi lingkungan berbasis masyarakat di empat kecamatan.

Walikota Kupang Klaim Sudah Bangun Sanitasi Lingkungan di Empat Kecamatan
Istimewah
Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Pemerintah Kota Kupang telah membangun prasarana sanitasi lingkungan berbasis masyarakat di empat kecamatan yang belum memiliki sarana prasarana yang memadai. Empat kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Oebobo, Kecamatan Kelapa Lima, Alak dan Maulafa.

Baca: 16.000 Blanko KTP Tiba, Dispendukcapil Kota Kupang Mulai Bekerja

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengatakan, pembangunan tersebut dilakukan karena sejalan dengan tren pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi di Kota Kupang. Tren itu berdampak pada pertumbuhan pemukiman yang cenderung kumuh dan belum dilengkapi dengan sarana dan prasarana sanitasi yang memadai, seperti MCK, drainase dan pengolahan persampahan.

Karena itu, pemerintah terus berupaya untuk menyediakan MCK pada kawasan pemukiman padat penduduk dan drainase di daerah genangan.

Baca: Pansus LKPJ Akhir Masa Jabatan Gubernur Mulai Bekerja, Ini yang Mereka Lakukan

Jefri mengatakan, untuk mengurangi titik genangan air hujan, Pemkot Kupang juga merehab dan memelihara jaringan drainase di 12 kelurahan, yaitu Kelurahan Bakunase II, Bakunase, Mentasi, Kayu Putih, Naikolan, Nunelu, Fontein, Oesapa Barat, Alak, Kuanino dan Oetete.

Sementara untuk peresapan air yang telah dibangun satu titik di Kelurahan Kelapa Lima.
Ia menjelaskan, untuk mengatasi masalah genangan air, drainase bukanlah satu-satunya solusi sehingga diperlukan dukungan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta pemanfaatan ruang yang ada.

Baca: Pantai Batu Nona Ramai Pengunjung, Apa Saja yang Mereka Nikmati di Sana?

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kota Kupang, Hendrik Ndapamerang, mengatakan, pemerintah terus berupaya membangun sarana prasarana yang memadai di kawasan pemukiman padat penduduk. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis_Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help