Di Gunung Ini Jenazah Pendaki Tak Dievakuasi dan Dijadikan Penunjuk Jalan. Ini Foto-fotonya!

Bahkan, beberapa pendaki meninggal akibat mengalami batuk saat berada di Death Zone.

Di Gunung Ini Jenazah Pendaki Tak Dievakuasi dan Dijadikan Penunjuk Jalan. Ini Foto-fotonya!
Pinterest

POS-KUPANG.COM- Death Zone atau Zona Kematian adalah julukan bagi medan yang berada di ketinggian 8.000 mdpl, setara dengan ketinggian terbang sebuah kapal jet.

Mau tidak mau, para pendaki harus memasuki wilayah ini untuk mencapai puncak Everest yang berada di ketinggian 8.848 mdpl.

Pada ketinggian ini, manusia tidak bisa berdaptasi dengan baik, karena kadar oksigen yang ada di wilayah terebut hanya berkisar 30%.

Bayangkan Anda harus mendaki gunung dengan medan yang curam, terengah-engah dengan dingin menusuk tulang, serta menghirup oksigen yang hanya sepertiga dibandingkan dengan yang Anda hirup sekarang.

Selain membahayakan nyawa, julukan nama Death Zone juga diberikan karena hingga saat ini, ada sekitar 200 hingga 300 tubuh manusia yang telah tiada yang berada di zona tersebut.

Penyebab kematian itu sendiri amat beragam, mulai dari hipotermia (keadaan suhu tubuh yang terus menurun di bawah titik normal manusia), terjatuh, juga karena kehabisan oksigen.

Everest sisi selatan terlihat dari pesawat milik maskapai penerbangan Drukair dari Bhutan. Memiliki ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas permukaan laut, para pendaki harus memasuki Death Zone untuk menggapai puncaknya.
Everest sisi selatan terlihat dari pesawat milik maskapai penerbangan Drukair dari Bhutan. Memiliki ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas permukaan laut, para pendaki harus memasuki Death Zone untuk menggapai puncaknya. (Shrimpo 1967/Wikimedia Commons)

Hal-hal kecil yang biasa kita alami sehari-hari, saat terjadi pada ketinggian ini dapat berakibat sangat fatal.

Bahkan, beberapa pendaki meninggal akibat mengalami batuk saat berada di Death Zone.

Batuk pada kondisi lingkungan seperti ini dapat menyebabkan tulang rusuk patah.

Para pendaki yang meninggal pada Death Zone di biarkan membeku dan mematung, dengan berbalut pakaian terakhir yang mereka kenakan.

Halaman
123
Editor: Djuwariah Wonga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help