Bangga Bisa Kembali ke Almamater

Fary Francis Beri Kuliah Umum di Universidade Nasional Timor Lorosa'e

Kehadirannya di kampus UNTL selain untuk membaca jejak kenangan, juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa.

Fary Francis Beri Kuliah Umum di Universidade Nasional Timor Lorosa'e
istimewa
Fary bersama para mahasiswa 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - "Suatu kebanggaan dan sukacita bagi saya pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 bisa kembali mengunjungi almamater tercinta, Universitas Timor Timur (Untim) yang saat ini sudah berubah nama menjadi Universidade Nasional Timor Lorosa'e (UNTL). Sudah cukup lama saya tidak mampir lagi di almamater ini. Maka kehadiran kemarin adalah saatnya mengenang masa-masa saat kuliah dulu di Fakultas Pertanian Untim," kata Fary Francis saat dihubungi dari Kupang, Minggu (25/3/2018).

"Walau sudah ada gedung kampus baru, namun saya lebih memilih berkunjung ke kampus lama. Alasannya, ada jejak-jejak memori yang masih membekas di sana. Bertemu dengan kawan-kawan yang telah menjadi dosen, para pegawai dan para mahasiswa adalah sukacita khusus bagi saya," tambahnya.

Ketua Komisi V DPR RI ini mengatakan, kehadirannya di kampus UNTL selain untuk membaca jejak kenangan, juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa. Tema kuliah yang dupilih, yakni "Mencintai Daerah Membangun Bangsa."

"Para mahasiswa saya ajak untuk mencintai kampung, bukan saja kampus. Mencintai kampung, mengenal daerah, memahami karakteristik masyarakat adalah modal dasar untuk bisa membangun bangsa," kata Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR RI itu.

Untuk itu, ujarnya, setiap potensi, kearifan lokal, budaya adalah keunggulan yang harus terus dikembangkan. Belajar di kampus itu penting, tetapi belajar di universitas sejati yang bernama masyarakat sungguh jauh lebih penting. Dengan membangun kampung sesungguhnya kita telah membangun daerah. Itu berarti kita telah membangun negara. Tak ada negara yang berdaulat tanpa kampung dan daerah yang berdaulat.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada almamater Untim. Apa yang ditanam dulu di lahan Untim, telah dipanen saat ini. Tak ada saya yang seperti saat ini tanpa almamater yang seperti itu dulu. Terima kasih juga kepada rektor dan para dosen atas undangan memberikan kuliah umum di almamater. Tentu suatu kehormatan bagi saya selaku alumnus," ujarnya.

"Terima kasih juga bagi para mahasiswa, penerus jejak-jejak kami sebagai pendahulu di almamater tercinta. Cintailah kampus, maka kita bisa mencintai kampung. Cintailah kampung agar kita bisa mencintai kampus. Dengan mencintai kampung dan kampus, kita sesungguhnya telah mencintai negara," pungkasnya. (eko)

Penulis: Sipri Seko
Editor: Sipri Seko
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help