Waspadalah! Terduga TBC Tertinggi Ternyata di Kabupaten Belu

Jumlah terduga penyakit Tuberkulosis (TBC) tertinggi ada di Kabupaten Belu sebanyak 163 orang.

Waspadalah! Terduga TBC Tertinggi Ternyata di Kabupaten Belu
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sejumlah ASN dari Dinkes Provinsi NTT melakukan sosialisasi TBC di Arena Car Free Day, Jalan El Tari, Kota Kupang, Sabtu (24/3/2018). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Jumlah terduga penyakit Tuberkulosis (TBC) tertinggi ada di Kabupaten Belu sebanyak 163 orang. Hasil ini diperoleh dari gerakan 'ketuk pintu' atau kunjungan rumah untuk menemukan TBC.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Klemens Kesule Hala, S.H, M.Hum pada acara puncak peringatan Hari TBC Sedunia di lokasi Car Free Day, Jalan El Tari Kupang, Sabtu (24/3/2018).

Baca: Blasius Bersuara Tegas dan Keras. Ini yang Dia Minta Kepada Dua Pelaku Pencurian Barang Elektronik

Menurut Klemens, salah satu kegiatan Dinkes NTT dalam menemukan terduga TBC, yakni dengan gerakan 'ketuk pintu'. Kegiatan ini adalah suatu kegiatan kunjungan rumah yang dilaksanakan oleh kader terlatih TBC untuk memberikan informasi mengenai TBC.

"Pada saat 'ketuk pintu' atau kunjungan ini, petugas juga melakukan skrining atau penapisan mengenai TBC pada semua anggota keluarga. Jika saat skrining ditemukan gejala TBC, maka akan diberikan surat rujukan untuk diperiksa dahak ke fasilitas kesehatan terdekat," kata Klemens.

Baca: Pengakuan Irfandi Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ternyata Ia Mencuri dengan Bantuan Batu Jimat

Dijelaskannya, kegiatan kunjungan rumah itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari TBC Sedunia tahun 2018 dan juga sudah menjadi program tetap. Dalam kegiatan ketuk pintu, petugas mengunjungi 12.204 rumah di NTT dan paling banyak di Kabupaten Belu sebanyak 1.513 rumah.

"Terduga yang dirujuk ke puskesmas atau ditemukan gejala TBC sebanyak 2.638 terduga dan terbanyak juga di Kabupaten Belu, yakni 163 orang," katanya.

Dikatakannya, jumlah terduga yang melakukan tes dahak sebanyak 2,553 dan paling banyak juga di Kabupaten Belu sebanyak 163 orang.

Sedangkan jumlah kasus TBC yang ditemukan dari hasil ketuk pintu sebanyak 203 kasus. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help