Dukung Pengembangan Garam, Masyarakat Solor Siapkan 1.500 Hektar Lahan

Masyarakat Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur (Flotim), menyambut baik rencana pemerintah membangun tambak garam di Pulau Solor.

Dukung Pengembangan Garam, Masyarakat Solor Siapkan 1.500 Hektar Lahan
POS KUPANG/FELIKS JANGGU
Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA - Masyarakat Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur (Flotim), menyambut baik rencana pemerintah membangun tambak garam di Pulau Solor. Masyarakat bahkan merelakan lahan seluas 1.500 hektar untuk dibuat tambak garam.

"Potensi di Solor sekitar 1.500 hektar. Mungkin pertama buka untuk 1.000 hektar dulu," kata Bupati Flotim, Antonius Gege Hadjon kepada Pos-Kupang.Com di ruang kerjanya, Rabu (21/3/2018).

Baca: Anjing Diduga Rabies Sudah Disembelih dan Dijadikan RW

Bupati Anton mengatakan, tanah Solor sangat layak. Survei tim dari Kementerian Kemaritiman, PT Garam dan Investor bahkan menyebut kadar garam tanah Pulau Solor lebih tinggi dari Sumenep Jawa Timur.

"Pembangunan 1.500 hektar akan berdampak besar terhadap kebutuhan tenaga kerja di Pulau Solor," kata Bupati Anton.

Baca: Hasil Survei Kementerian Kemaritiman Tanah di Solor Layak untuk Pengembangan Garam

Bupati Anton mengatakan, sampai saat ini Indonesia menggunakan garam impor. Kebutuhan garam nasional masih sangat tinggi.

Ia optimis di samping tambak garam, akan ada perubahan-perubahan ikutan di Pulau Solor. "Akan ada perubahan gaya hidup, perubahan pola kerja. Akan ada kemajuan-kemajuan baru di sana," kata Bupati Anton. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help