Bahaya Diare Mulai Mengintai Masyarakat Kabupaten Ende

menyusul musim pancaroba terutama hujan menyebabkan terjadinya kasus diare terutama di wilayah perkotaan seperti di Perumnas dan Kecamatan Ende Timur.

Bahaya Diare Mulai Mengintai Masyarakat Kabupaten Ende
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, dr. Munafatma 

Laporan Reporter Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE-Penyakit diare mulai mengintai masyarakat Kabupaten Ende menyusul iklim pancaroba yang terjadi akhir-akhir ini. Hingga Bulan Maret 2018 tercatat ada 8 orang yang terserang penyakit diare namun demikian tidak ada yang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, dr Munafatma mengatakan hal itu melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Sislaus Bendu, SKM saat dikonfirmasi Pos Kupang.com di Ende, Selasa (20/3/2018) tentang jenis penyakit yang mengancam masyarakat Kabupaten Ende saat ini.

Sislaus mengatakan menyusul musim pancaroba terutama hujan menyebabkan terjadinya kasus diare terutama di wilayah perkotaan seperti di Perumnas dan Kecamatan Ende Timur.

Menurutnya pada saat hujan terkadang air minum bersih warga yang ada didalam bak tercampur dengan air hujan dan tanpa sadar dikosumsi meskipun telah dimasak namun tidak terlalu mendidih sehingga air yang telah tercemar tersebut menyebabkan terjadinya diare terutama menyerang anak-anak.

Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal terutama wadah air minum sehingga tidak tercemar debu ataupun air hujan yang bisa menyebabkan diare.

Pihaknya juga meminta agar dalam mengkosumi air minum hendaknya air minum yang memang benar-benar steril dan bersih dalam arti telah dimasak dengan cara yang benar sehingga dapat terhindar dari penyakit diare. (*)

Baca: Kementerian Perhubungan Hibahkan ini untuk Pemda Flotim

Tags
Ende
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved