Ini 1.380 Dokumen Warga Bitefa yang Diserahkan Bupati TTU

Dokumen kependudukan yang di serahkan terdiri dari, kartu keluarga 357 lembar, Kartu Tanda Penduduk (KTP) 929 lembar dan 94 dokumen akta perkawinan.

Ini 1.380 Dokumen Warga Bitefa yang Diserahkan Bupati TTU
pos kupang.com, dion kota
Nampak bupati Raymundus melakukan foto bersama dengan warga Bitefa usai menyerahkan dokumen kependudukan di halaman kantor desa Bitefa

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, KEFAMENANU - Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes menyerahkan 1380 dokumen kependudukan untuk warga Desa Bitefa, Kecamatan Miomaffo Timur, Sabtu ( 17/3/2018) di halaman kantor Desa Bitefa.
Dokumen kependudukan yang di serahkan terdiri dari, kartu keluarga 357 lembar, Kartu Tanda Penduduk (KTP) 929 lembar dan 94 dokumen akta perkawinan.

Selain menyerahkan dokumen kependudukan, dalam kesempatan tersebut, Bupati Raymundus juga memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Bitefa, Viktorianus Naihati, karena telah mampu menuntaskan dokumen kependudukan di desa itu.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam sambutannya mengaku bangga terhadap semangat kepala desa Bitefa, yang sudah berupaya bekerja sama dengan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan TTU, untuk mengurus dokumen kependudukan warga.

Desa Bitefa, menjadi desa contoh untuk semua desa di kabupaten TTU, sebagai desa tuntas dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Pemerintahan desa dinilai berhasil menyelesaikan dokumen kependudukan berupa dokumen KTP, akte kelahiran, kartu keluarga dan pencatatan perkawinan sipil warga.

" Dokumen kependudukan sangat penting dimiliki warga karena memudahkan dalam berbagai urusan pelayanan pemerintah, seperti urusan pendidikan, kesehatan, bantuan sosial dan urusan lainnya. Oleh sebab itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah desa Bitefa yang sudah menuntaskan pengurusan dokumen kependudukan warganya," ungkap bupati Raymundus.

Kepala Desa Bitefa, Viktorianus Naihati mengaku bangga atas dukungan pemerintah Kabupaten dan Kecamatan yang sudah berusaha membantu warganya untuk menerbitkan dokumen kependudukan. Selama ini sebagian besar warganya belum diakui sah negara karena belum mengantongi identitas dokumen, seperti kartu keluarga, akte nikah, akte kelahiran dan kartu keluarga.

"Selama ini warga saya belum punya dokumen, sehingga kesulitan untuk urusan pendidikan, layanan kesehatan dan bantuan sosial. Tapi sekarang dokumen sudah beres semua tentunya warga senang dan kita sebagai pemerintahan desa juga tidak beban lagi," ujarnya

Menurut Viktorianus, langkah pendekatan petugas dari Kabupaten sangat membantu masyarakat karena melakukan pelayanan langsung desa.

Untuk itu sebagai pemerintahan desa menyampaikan terima kasih untuk bapak Bupati, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan pemerintahan Kecamatan yang sudah mendukung kelancaran pembuatan dokumen kependudukan untuk warganya.

Pantauan Pos Kupang, sebelum penyerahan dokumen Bupati Raymundus Sau Fernandes bersama isterinya Kristina Muki Fernandes, dipercaya sebagai saksi pengambilan sumpah pencatatan sipil pernikahan untuk 94 pasangan warga desa Bitefa.

Baca: Wah! Polisi Temukan Petunjuk, Bercak Darah Dekat Mayat Remaja Perempuan

Usai penyerahan dokumen kependudukan, bupati Raymundus bersama istri menyempatkan diri berbincang dengan masyarakat desa Bitefa. Sebelum meninggalkan desa Bitefa, bupati Raymundus melakukan foto bersama dengan warga desa Bitefa. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help