19 Mahasiswa UNS Solo Ini Dipuji Setinggi Langit di Maronggela, Simak Apa yang Mereka Lakukan

Sejak pertengahan 2017 lalu, 19 mahasiswa ini sudah melakukan persiapan. Sebab, KKN bukan ajang plesiran.

19 Mahasiswa UNS Solo Ini Dipuji Setinggi Langit di Maronggela, Simak Apa yang Mereka Lakukan
ISTIMEWA
SOSIALISASI- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta melakukan sosialisasi pembuatan pupuk bokasi ketika melaksanakan KKN di Maronggela, 12 Januari hingga 26 Februari 2018 lalu. 

"Ilmu tanpa praktek itu kosong, praktek tanpa ilmu itu kerdil."

 POS KUPANG.COM-Petuah Ki Hajar Dewantara ini menginspirasi 19 mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menepi sejenak ke Maronggela. 'Kampus kedua' mahasiswa ini terletak di Desa Wolomeze, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada, Flores. Berguru kepada masyarakat. Mengabdi dan menerapkan ilmu. Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Sembilan belas mahasiswa ini berasal dari delapan fakultas berbeda. Satu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), empat mahasiswa Fakultas Pertanian (FP), dua mahasiswa Fakultas Teknik (FT), dua mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), empat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), tiga mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), dua mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Mereka tergabung dalam satu tim KKN UNS 2018 'mendandani' Maronggela, 12 Januari hingga 26 Februari 2018.

Tak main-main. Sejak pertengahan 2017 lalu, 19 mahasiswa ini sudah melakukan persiapan. Sebab, KKN bukan ajang plesiran. Mulai dari persiapan mengajukan proposal hingga melakukan survei lapangan (langsung maupun tidak langsung). Semua itu untuk mengenal Maronggela dari berbagai aspek. Setelah itu menyusun program kerja sambil menggalang dana.

Pembentukan tim sejak pertengahan 2017 bukan tanpa alasan. Tujuan utamanya membangun chemistry atau ikatan antar mahasiswa yang berbeda fakultas. "Kami menyadari bukan sekadar tim KKN, tetapi satu keluarga. Susah, senang, capek, kami rasakan bersama-sama," ujar Raden Muhamad Adnan Habieb, Koordinator Lapangan KKN UNS 2018.

Bekerjasama dengan Universitas San Pedro (Unisap) Kupang, Raden dan kawan- kawan mengusung banyak kegiatan ke Maronggela. Sekitar 19 program kerja (Proker) yang dikelompokkan menjadi lima tim proker berdasarkan keterkaitan antarproker.

Pertama, tim pendidikan.Di dalamnya terdapat program kelas edukatif, kelas eksperimentatif dan kelas inspiratif. Juga program Fun English, targetnya siswa/i SD dan SMA. Juga ada ex education bagi siswa SMA. Dalam tim ini, juga terdapat program kerja pendirian rumah Baca Maronggela, sebuah perpustakaan untuk semua kalangan. Tujuannya, meningkatkan minat baca masyarakat Maronggela.

Kedua, tim dokumentasi budaya. Bertujuan mendokumentasikan segala macam bentuk budaya, adat dan tradisi di Maronggela ke dalam bentuk tulisan, foto maupun video. Output-nya berupa buku (warukia, kampung lama), pembuatan kalender adat, booklet mengenai tenun Riung, pemetaan desa dan sebagainya. Hasil dari dokumentasi budaya ini dimasukkan dalam program kerja branding budaya desa dengan tujuan memperkenalkan segala bentuk budaya di Maronggela ke seluruh Nusantara dengan segala nilai-nilai kearifan lokal yang unik dan bermakna sebagai salah satu khazanah kebudayaan Indonesia.

Ketiga, tim pertanian dan peternakan. Targetnya para petani dan peternak. Program kerja utamanya membuat pupuk kompos organik dari sisa-sisa daun kering dan kotoran sapi. Output-nya berupa pupuk organik Maronggela.

Keempat, tim pengelolaan sumber daya alam. Di dalamnya terdapat program kerja pengolahan bahan pangan pasca panen. Misalnya, mengolah bahan mentah dari alam menjadi makanan yang mempunyai nilai jual lebih. Juga ada program kerja kreasi bambu. Membuat gapura adat dengan nama 'Gapura Kampung Adat Warukia'. Segala bentuk output-nya dimasukkan dalam program kerja branding produk desa. Harapannya bisa membantu mengenalkan hasil produk sumber daya alam Maronggela keluar desa.

Halaman
123
Penulis: Benny Dasman
Editor: Benny Dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved