Hei Pencinta Batu Akik, Batu-Batu Ini Tidak Boleh dijadikan Batu Cincin, Berbahaya!

Tidak semua bebatuan indah itu bisa dijadikan batu cincin karena ada yang justru mematikan jika digunakan di tangan.

Hei Pencinta Batu Akik, Batu-Batu Ini Tidak Boleh dijadikan Batu Cincin, Berbahaya!
net
batu kristal orpiment 

POS-KUPANG.COM -  Tidak semua bebatuan indah itu bisa dijadikan batu cincin. Karena ada batu-batu indah yang justru bisa mematikan jika digunakan sebagai batu cincin.

Hal ini bukanlah mitos, tapi berdasarkan beberapa penelitian bahwa jenis jenis batu tertentu mengandung zat yang membahayakan nyawa manusia. Berikut batu kristal berkilau yang mematikan yang tidak boleh dijadikan batu cincin

Batu Kristal Orpiment

Batu Kristal Orpiment adalah kristal yang memiliki warna-warna menggoda dan akan membuat Anda ingin mengoleksinya, bahkan menjadikannya perhiasan. Namun orpiment adalah bebatuan yang sangat berbahaya. Batu ini terbuat dari campuran arsenik dan sulfur yang sangat reaktif.

Memegang orpiment bisa melepaskan zat karsinogen penyebab kanker pada tubuh Anda dan menyebabkan keracunan arsenik pada saraf. Konon, bangsa China menggunakan busur panah yang sudah digosokkan pada kristal ini untuk meracuni musuhnya. Orpiment juga mengeluarkan bau bawang putih yang kuat karena kandungan arsenik di dalamnya.

Jangan memotong bebatuan ini, karena bubuk serpihannya bisa sangat beracun terutama jika terkena sinar matahari. Bubuk bebatuan ini pernah digunakan dalam bahan cat dan meracuni banyak seniman yang menggunakannya.

Batu-Kristal-Arsenopyrite

Anda tentu pernah melihat emas, kilauan batu arsenopyrite terlihat sangat mirip dengan emas. Namun keduanya sangat berbeda. sebaiknya berhati-hatilah ketika menemui kristal atau bebatuan yang mirip emas, namun debunya mengeluarkan bau yang mirip bawang putih.

Itu bukan emas, melainkan arsenopyrite. Batu berkilau ini mengandung arsenik sulfida yang jika disentuh dan masuk ke tubuh Anda bisa menyebabkan kematian. Begitu juga jika bebatuan ini dipanaskan. Uap yang muncul dari pemanasan arsenopyrite dan berbau seperti bawang putih yang kuat bisa sangat mematikan, beracun, dan juga bisa memicu kanker.

Cara membedakan batu ini dengan emas adalah dengan memukulnya dengan batu. Jika batu ini berbau bawang putih dan arsenik yang menyengat, sebaiknya segera jauhi. Pastikan juga Anda tak menghirup baunya terlalu banyak.

Halaman
123
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help