Pemerintah Siap Bantu PT MSM di Sumba Timur, Ini Betuk Dukungannya

Ini akan menjadi pionir bagi pengembangan industri tersebut dengan menggunakan teknologi seperti ini

Pemerintah Siap Bantu PT MSM di Sumba Timur, Ini Betuk Dukungannya
pos kupang.com,robert ropo
Dirjen Industri Agro, Panggah Susanto didampingi Wabup Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, Direktur IMLHP Kementerian Industri Ir. Enny Ratnaningtyas dan Deputi Cief Operacional Officer (COO) PT.MSM Bernardus Dwisektiono sedang foto bersama berlatarkan tanaman tebu 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Robert Ropo

POS KUPANG.COM, WAINGAPU- Pihak Kementerian Perindustrian RI melakukan kunjungan kerja ke Sumba Timur untuk memonitor progres dari pembangunan pabrik gula terintegrasi tebu milik PT.Muria Sumba Manis (MSM).

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian RI, Ir. Panggah Susanto menyampaikan itu ketika memantau lokasi perkebunan tebu milik PT.MSM di Wanga Desa Wanga Kecamatan Umalulu Kabupaten Sumba Timur, Selasa (13/3/2018) siang.

Menurut Susanto, Pabrik gula berintegrasi tebu milik PT.MSM tersebut sangat unik karena dikembangkan tanaman tebu di wilayah yang sangat kering dengan teknologi yang terkini atau canggih baik untuk pengairan, pemupukan serta sistem pengolahan tanahnya.

"Ini akan menjadi pionir bagi pengembangan industri tersebut dengan menggunakan teknologi seperti ini",katanya.

Kata dia, Baik Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah sangat mendukung industri gula tersebut dan Pemerintah akan membantu banyak hal yang sekiranya bisa mempercepat pelaksanaan pembangunan dari pada proyek pabrik gula terintegrasi tebu milik PT.MSM tersebut.

"Pemerintah akan siap membantunya banyak hal dan juga diantaranya ada peraturan menteri nomor 10 itu untuk memprioritaskan fasilitas bahan baku dimana juga diutamakan pada perusahan-perusahaan seperti ini, jadi untuk membantu selama dalam proses pembangunan industri gula berintegrasi tebu tersebut butuh modal yang besar, karena membangun seperti ini harus nafasnya panjang, kalau nafas pendek tidak bisa ini",kata Susanto.

Baca: Jika Ditanya Siapa Gubernur NTT 2018, Ini Pilihan Frans Leburaya

Susanto juga megatakan pihak Kementerian Industri sangat mengharapkan agar Presiden RI Joko Widodo bisa meresmikan Perindustrian gula berintegrasi tebu milik PT.MSM tersebut, sebab perkebunan tebu tersebut selain menggunakan teknologi modern juga menggerakan ekonomi daerah berupa penyerapan tenaga kerja, dan juga pendapatan daerah bisa meningkat.

"Tidak semua perusahan berani ini masuk disini, tetapi sekarang di pelopori oleh PT.MSM ini, saya kira bisa mendorong investor-investor lain juga bisa masuk kesini",kata Susanto. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help