PaKU Undana Rilis Trend Corruption Report Di Provinsi NTT

hampir semua lini jabatan publik, birokrasi dan swasta tercatat pernah menjadi pelaku baik yang sedanh maupun telah diproses secara hukum

PaKU Undana Rilis Trend Corruption Report Di Provinsi NTT
pos kupang.com/gordi donovan
Ketua PaKU Undana, Bill Nope (ujung kanan) bersama Peneliti PaKu saat menyampaikan TCR di Aula LPM Undana, Selasa (13/3/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Gordi Donofan

POS KUPANG. COM | KUPANG - Lembaga Pusat AntiKorupsi Undana Kupang merilis Trend Corruption Report (TCR) Provinsi NTT dari Tahun 2015-2018.

Laporan yang dirilis tersebut merupakan hasil kajian yang dilakukan oleh PaKU Undana berdasarkan sumber data yang dimuat oleh media cetak di NTT maupun media nasional serta media online. Tidak semua media media cetak dan elektronik diposisikan sebagai sumber data. Berita yang memberikan informasi secara jelas saja yang digunakan sebagai sumber data.

Penelitian ini tidak mengacu pada jumlah kasus korupsi, meskipun akan muncul segi kuantitas dalam laporannya. Penelitian lebih dititik beratkan pada segi kualitatif. Hal ini dimaksudkan untuk membaca kecenderungan kasus korupsi yang terjadi pada tahun 2015 hingga 2017. PaKU mengkaji 23 kasus korupsi sepanjang tahun 2015-2017.

Ketua PaKU Undana Kupang, Bill Nope, menjelaskan, sejauh ini upaya pemberantasan korupsi Di Provinsi NTT belum memperlihatkan hasil signifikan. Bahkan tantangan kedepan akan semakin berat melihat semakin memgguritanya perilaku korupsi.

Baca: Lurah Fatubesi Kumpulkan Pedagang di Pasar Oeba Kupang, Ini Tujuannya

Bill Nope menjelaskan, hampir semua lini jabatan publik, birokrasi dan swasta tercatat pernah menjadi pelaku baik yang sedanh maupun telah diproses secara hukum berkaitan dengan tindakan pidana korupsi.

Bill Nope menjelaskan, yang lebih prihatin adalah apartur sipil negara yang seharusnya menjadi aktor terdepan dalam pemberantasan korupsi banyak yang menjadi pelaku.

"Trend Corruption Report (TCR) yang disusun ini merupakan suatu kajian pertama kali yang dilakukan dan dirilis oleh Pusat AntiKorupsi Undana (PaKU). TCR adalah laporan yang mencermati kecenderungan tindak pidana korupsi selama tahun 2015 hingga Desember 2017," jelas Bill Nope kepada awak media di LPM Undana, Selasa (13/3/2018).

Hadir saat mendampingi Bill Nope, Peneliti dariPaKU Dr. Jeffry Likadja dan Darius A. Kian, Robinson dan Nikson.

Halaman
123
Tags
Undana
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help