Perawat Gugat Kebijakan Pemerintah Mengapa Ada Bidan di Desa Tapi Perawat Tidak?

Kalau pemerintah bisa memberikan kesempatan kepada bidan untuk bekerja di desa desa, mengapa perawat tidak?

Perawat Gugat Kebijakan Pemerintah Mengapa Ada Bidan di Desa Tapi Perawat Tidak?
pos kupang/com/frans krowin
Ketua DPD PPNI Kabupaten Lembata, Maria Dolorosa Tuto bersama Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday (tengah) dan Ketua DPW PPNI NTT, Aemilianus Mau (kanan) saat pembukaan seminar di Aula Kopdit Ankara Lembata, Sabtu (10/3/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA - Para perawat di Kabupaten Lembata menggugat kebijakan pemerintah. Mereka mempertanyakan kebijakan pemerintah yang dinilai diskriminatif. Selama ini, pemerintah mempekerjakan bidan di desa-desa tetapi kenapa perawat tidak?

"Kalau pemerintah bisa memberikan kesempatan kepada bidan untuk bekerja di desa desa, mengapa perawat tidak? Padahal jika ada perawat bekerja di desa-desa, maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan lebih baik."

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lembata, Maria Dolorosa Tuto, saat pembukaan seminar di Aula Kopdit Ankara, Sabtu (10/3/2018).

Seminar tersebut dihadiri Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday dan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Aemilianus Mau.

Seminar tersebut mengusung tema Praktik Mandiri Keperawatan akan Mendukung Progran Good Pagi di Kabupaten Lembata.

Baca: Ini Tiga Kabupaten yang Tempatkan Perawat di Desa

Dikatakannya, perawat ingin mengabdi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tetapi kesempatan tersebut sampai sekarang tidak diberikan. Regulasi tentang itu sampai sekarang masih diabaikan.

Perawat, lanjut Maria, memang punya kesempatan melayani masyarakat di rumah sakit atau puskesmas-puskesmas. Tapi di desa tidak. Padahal pelayanan terbaik itu sebaiknya langsung dilakukan perawat di desa-desa atau lebih spesifik lagi dari rumah ke rumah.

Di Kabupaten Lembata, lanjut dia, pemerintah kabupaten (Pemkab) punya program Good Pagi. Program tersebut disasarkan di desa-desa. Karena melalui program tersebut, masyarakat diajak untuk selalu mengedepankan pola hidup sehat.

Halaman
12
Tags
perawat
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help