Sudah Dua Tahun, Tak ada Alokasi Lanjutkan Pembangunan Ruas Jalan Lingkar Luar Kota Maumere

Uangnya untuk tahun anggaran 2017 tidak cair waktu itu, jadi tidak diluncurkan lagi pada 2018

Sudah Dua Tahun, Tak ada Alokasi Lanjutkan Pembangunan Ruas Jalan Lingkar Luar Kota Maumere
Pos Kupang.Com/Eginius Moa
Ruas jalan lingkar luar Kota Maumere ke arah timur sampai di perempatan ruas jalan menuju ke Brai, Desa Watungong, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Senin (5/3/2018). 

Laporan Wartawan Pos- Kupang.com, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE----Sudah tahun berturut, pembangunan ruas jalan lingkar luar Kota Maumere di Pulau Flores terhenti. Tak ada lagi alokasi anggaran dari APBD II Sikka maupun APBN.

Tahun 2017, sebenarnya telah dialokasikan Rp 49 miliar dari dana tugas pembantuan anggota DPR RI Melchias Mekeng. Namun dana itu dipecah-pecah untuk pembangunan ruas jalan poros kecamatan, alhasil dana ituydiblokir pemerintah pusat dan berlanjut sampai 2018.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setda Sikka, Femmy Bapa, membenarkan tidak dialokasinya anggaran untuk ruas lingkar luar.

Baca: Komisi IV DPRD NTT dan Dishub Bahas Tiga Ranperda

"Uangnya untuk tahun anggaran 2017 tidak cair waktu itu, jadi tidak diluncurkan lagi pada 2018," tulisFemmy dalam pesan singkat kepada pos-kupang.com, Senin (5/3/2018).

Ia mengatakan, proses pembangunan jalan lingkar luar dan pelengkapnya dimulai tahun 2012-2014. Peningkatan jalan (aspal) mulai 2014.

Jalan lingkar luar digagas dan dimulai pembangunan pada masa pemerintahan Bupati Sikka, Drs. Aleks Longginus tahun 1998-2003, sekitar 14 Km membentang dari utara sampai ke timur Kota Maumere.

Selama kurun waktu 10 tahun terakhir, yang tuntas sekitar 2 Km dibagian tengah ke timur sampai di Desa Watugong, Kecamatan Alok Timur dan ke utara sampai di Kompleks Biara Carmel Kelurawahan Madawat, Kecamatan Alok.

Baca: Tuding Terima Rp 500 Juta dari Transmart, DPRD Kota Kupang Polisikan Rudyanto Tonubesi

Segmen yang benar-benar final dua jalur dari perempatan ruas jalan Maumere-Ende ke arah timur sampai di perempatan menuju Nelle. Seterusnya sampai di perempatan jalan menuju Brai, Desa Watung Gong baru satu jalur. Sedangkan ke arah utara dari perempatan lingkat luar Maumere-Ende sampai di sekitar kompleks Biara Carmel. ( *)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help