Andre Garu Sebut Banyak Bupati Takut Kritisi Ketika Kewenangan Diambilalih Provinsi

Karena banyak bupati yang tidak berani mengkritisinya akibat lebih loyal kepada partai politik, bukan kepada rakyatnya.

Andre Garu Sebut Banyak Bupati Takut Kritisi Ketika Kewenangan  Diambilalih  Provinsi
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Sosialisasi tentang DPD RI di Hotel Green Prundi Labuan Bajo, Rabu (28/2/2018). 

Laporan wartawan poskupang.com, Servatinus Mammilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO -Anggota DPD RI asal NTT, Andre Garu, menyoroti beberapa kewenangan pemerintah kabupaten/kota yang sudah diambil alih oleh pemerintah provinsi.

"Ada beberapa kewenangan pemerintah kabupaten/kota yang diambil alih oleh provinsi.

Lalu di mana letak otonomi daerahnya," kata Andre saat dialog publik, sosialisasi DPD RI dengan tema mewujudkan kinerja konstitusional DPD RI.

Dalam kegiatan itu berlangsung di aula Hotel Prundi Labuan Bajo, Rabu (28/2/2018) itu, Andre mengatakan, banyak bupati dan wali kota yang takut mengkritisi hal seperti itu karena memilih lebih loyal kepada partai politik.

"Kenapa masalah seperti itu terjadi. Karena banyak bupati yang tidak berani mengkritisinya akibat lebih loyal kepada partai politik, bukan kepada rakyatnya," tegas Andre.

Dia mengajak semua kaum muda untuk sama-sama berjuang, mengkritisi banyak hal, termasuk berkaitan dengan otonomi daerah.

Saat itu Andre juga mengajak semua komponen masyarakat di Manggarai Barat untuk menjaga adat istiadat Manggarai sebagai salah satu potensi pariwisata.

"Kalau datang ke Labuan Bajo, jangan bikin kacau. Labuan Bajo adalah rumah kita semua. Jangan merusak budaya yang ada," kata Andre.

Ada beberapa hal lain yang turut disorotinya, antara lain tentang peran partai politik dalam menghasilkan sejumlah aturan.

Seperti tentang kurikulum yang selalu digonta ganti, pemberlakuan sertifikasi bagi guru tua dengan mewajibkan mereka untuk sekolah atau kuliah lagi, keberadaan Universitas Terbuka dan beberapa yang lainnya. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help