Wah Partisipasi Masyarakat NTT Ikut Pemilu Kok Turun Terus Ya, Apa Penyebabnya

Kesbangpol Provinsi NTT menilai ada penurunan partisipasi masyarakat dalam pemilu pasca reformasi.

Wah Partisipasi Masyarakat NTT Ikut Pemilu Kok Turun Terus Ya, Apa Penyebabnya
KPU RI
14 Parpol peserta pemilu 2019 

Laporan wratawan POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi NTT menilai ada penurunan partisipasi masyarakat dalam pemilu pasca reformasi.

Sebelum reformasi, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu bisa mencapai 90 persen.

Tetapi setelah reformasi justru cenderung menurun di bawah 80 persen. Data partisipasi masyarakat dalam pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014 di NTT hanya 74 persen.

Hal itu dikatakan Kepala Kesbangpol Provinsi NTT, Sisilia Sona, kepada POS-KUPANG.COM, di Atambua, Rabu (28/2/2018). Menurut Sona, partisipasi masyarakat dalam pemilu legislatif tahun 2014 di NTT mencapai 74 persen.

Kesbangpol terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam pemilu sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu tahun 2019 bisa menjadi 75 persen.

Menurut Sona, dari hasil pengamatan Kesbangpol NTT, menurunnya partisipasi masyarakat dalam pemilu karena disebabkan banyak faktor.

Pemerintah terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat NTT untuk meningkatkan kembali partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Menurut Sona, penurunan partisipasi masyarakat pemilu justru terjadi di pada masyarakat pemilih yang cerdas atau pemilih modern.

"Kencendrungan menurun itu justru dari masyarakat pemilih yang sudah cerdas. Mungkin saja mereka berpikir setiap kali pemilu kita ikut, tapi kondisi begini-begini saja," kata Sona.

Sona mengharapkan kepada seluruh masyarakat pemilih di Kabupaten Belu untuk terus meningkatkan partisipasi dalam pemilu baik pilgub NTT 2018 maupun pileg 2019 nanti. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help