Mahfud MD Blak-blakan Soal Pilar Demokrasi Indonesia, Begini Katanya

Mantan Ketua MK, Mahfud MD menilai, demokrasi di Indonesia ditopang oleh empar pilar dan hanya satu yang masih sehat, yaitu pers.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Pilar Demokrasi Indonesia, Begini Katanya
POS KUPANG/EDI HAYONG
Mahfud MD ketika menjadi nara sumber di Cisarua Bogor, Selasa (27/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BOGOR - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai, demokrasi di Indonesia ditopang oleh empar pilar dan hanya satu yang masih sehat, yaitu pers.

Pilar demokrasi lain, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif sudah busuk sehingga diharapkan pers tetap pada sikap menjadi pilar yang menjaga demokrasi di negara ini.

"Kalau dilihat dari empat pilar demokrasi, yang sehat hanya pers, yang bisa diandalkan hanya pers. Pilar demokrasi lain sudah busuk. Di yudikatif selama ini menjadi tempat jual beli perkara. Eksekutif dan legislatif juga sama dimana-mana tersangkut kasus korupsi," ujar Mahfud saat menjadi salah satu pembicara pada kegiatan sosialisasi peningkatan pemahaman hak konstitusi warga negara bagi wartawan media massa cetak, televisi, radio dan online se Indonesia di Cisarua, Bogor, Selasa (27/2/2018).

Pada kegiatan ini Mahfud mengupas materi soal konstitusi dan konstitusionalisme. Mahfud menilai, tiga pilar demokrasi yang lain, yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif sudah busuk. Pers sehat sehingga demokrasi masih tetap tetap tegak sampai sekarang. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved