Dua Desa di Mollo Masih Kesulitan Air Bersih

Desa Pika di Kecamatan Mollo Tengah dan Desa Netpala Kecamatan Mollo Utara masih mengalami kesulitan air bersih.

Dua Desa di Mollo Masih Kesulitan Air Bersih
POS KUPANG/DION KOTA
Kades Pika, Felipus Bere (kiri) dan Kades Netpala, Jitron Nune.

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM, SOE - Desa Pika di Kecamatan Mollo Tengah dan Desa Netpala Kecamatan Mollo Utara masih mengalami kesulitan air bersih. Sekitar 400 kepala keluarga di dua desa tersebut masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Pika, Felipus Bere, dan Kepala Desa Netpala, Jitron Nune, yang ditemui Pos Kupang di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Rabu (28/2/2018) pagi.

Felipus mengaku ada 200 KK di Dusun Usnoni yang mengalami kesulitan dalam pemenuhan air bersih. Ia mengaku hal tersebut disebabkan jaringan perpipaan yang dibangun tahun 2014 sudah rusak.

Rusaknya jaringan perpipaan tersebut dikatakan Felipus disebabkan karena jaringan perpipaan dibangun menggunakan pipa paralon dan tidak ditanam di dalam tanah. Akibat rusaknya jaringan perpipaan ini, warga Dusun Usnoni masih mengalami kesulitan air bersih.

"Pemerintah bangun jaringan perpipaan pakai pipa paralon baru taruh saja di atas tanah bagaimana mau kuat. Tidak sampai satu tahun pipanya sudah rusak semua akibat garing dan diinjak sapi warga," kata Felipus.

Sementara di Desa Netpala, 200 KK yang kesulitan air bersih karena lokasi perumahannya yang berada di atas bukit, sedangkan mata air berada di bawah bukit.

Karena itu, Jitron berencana di tahun 2019 mendatang pihak desa akan mencoba memompa air ke atas perbukitan dengan sistem hidran.

"Tahun ini kita coba surve dan lakukan uji coba pemompaan dengan menggunakan hidran. Apakah naik ke atas atau tidak. Jika bisa naik kita anggarkan di tahun 2019 mendatang," janjinya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help