Nelayan Lebala Pasok Ikan Kombong ke PT. Eisindo Lembata Pakai Drom

Ikan tersebut selalu diisi dalam drom plastik lalu dikirim ke perusahaan yang berkantor di dekat Pelabuhan Feri Waijarang.

Nelayan Lebala Pasok Ikan Kombong ke PT. Eisindo Lembata Pakai Drom
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Inilah drum-drum yang biasa diisi ikan oleh para nelayan Lebala untuk dibawa ke pabrik ikan di Waijarang, Lembata. Jumat (23/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupamg.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA - Para nelayan asal Lebala, Desa Leworaja dan sekitarnya, selalu mengirim ikan kombong ke PT. Eisindo di Waijarang.

Ikan tersebut selalu diisi dalam drom plastik lalu dikirim ke perusahaan yang berkantor di dekat Pelabuhan Feri Waijarang.

Disaksikan Pos Kupang.Com, puluhan drom plastik itu diletakkan berjejer di depan pabrik ikan tersebut.

Drom biru itu diangkut dengan perahu nelayan atau kendaraan roda empat melalui jalan darat.

Menurut sejumlah karyawan di perusahaan itu, ikan yang biasa dikirim para nelayan Lebala dan sekitarnya adalah ikan layang seperti kombong atau biasa disebut orang Lembata sebagai ikan bedu (ikan kombong padi).

Baca: Mantap, Lembata Kirim Puluhan Ton Ikan Tembang Segar ke Australia

Ikan jenis ini beda rasa antara yang ditangkap nelayan di Teluk Lewoleba dan sekitarnya dan yang ditangkap nelayan di perairan selatan Lembata.

Ikan kombong Lebala rasanya lebih gurih. Ini terjadi karena perairan selatan adalah lautan lepas yang berhadapan langsung Laut Sawu.

Mengenai harga jual beli ikan di pabrik tersebut, karyawan perusahaan termasuk Boy Hipolitus menolak membeberkannya.

Baca: Dana Talud Waijarang Lembata Sudah Ada

Tapi mereka menyebutkan bila ikan Lebala dihitung dalam satuan drom sedangkan ikan dari Teluk Lewoleba dan sekitarnya dihitung dengan satuan basket (keranjang ikan).

Menurut para karyawan itu, pembelian ikan tangkapan nelayan sesuai kapasitas pabrik milik PT Eisindo. Tapi nelayan tak perlu khawatir karena masih ada pabrik pengolahan tepung ikan. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help