Mantap, Lembata Kirim Puluhan Ton Ikan Tembang Segar ke Australia

Ikan yang siap diekspor itu semuanya hasil tangkapan nelayan di perairan Lembata.

Mantap, Lembata Kirim Puluhan Ton Ikan Tembang Segar ke Australia
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Karyawan PT. Eisindo Lembata sedang menyeleksi ikan tembang sebelum dikirim ke negara tujuan 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEMBATA - Dalam waktu dekat PT. Eisindo Lembata akan segera mengekspor ikan tembang dan ikan kombong ke Australia. Saat ini ikan yang siap ekspor sebanyak 70-an ton.

Hal tersebut disampaikan Boy Hipolitus, karyawan perusahaan itu kepada Pos Kupang.Com di Lewoleba, Jumat (23/2/2018).

Menurut Boy, ikan yang siap diekspor itu semuanya ditangkap di perairan Lembata. Ikan-ikan tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan baik di Teluk Lewoleba dan tempat lainya.

"Saat ini lemari pendingin di pabrik pengelolah ikan di Waijarang, sudah penuh sesak dengan ikan," kata Boy sembari mengungkapkan direkturnya, Junaedi sedang berada di Surabaya sejak akhir tahun 2017.

Ikan-ikan itu juga sudah diseleksi sesuai ukurannya, juga sesuai permintaan dari mancanegara. Jadi tinggal menunggu waktu untuk diekspor.

"Pengiriman ikan keluar negeri selalu melalui pelabuhan di Surabaya. Sementara pengiriman ke Surabaya menggunakan jasa tol laut yang rutin mengunjungi Pelabuhan Lewoleba," jelasnya.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang.Com menyebutkan, volume ikan tembang yang tersedia di pabrik tersebut mencapai 120-an ton lebih.

Dari jumlah itu ikan yang siap dikirim ke Australia sebanyak 70-an ton. Sedangkan sisanya siap dikirim ke negara lainnya.

Setiap hari, lanjutnya, para nelayan selalu menghantar ikan ke perusahaan tersebut. Bila hasil tangkapan banyak, perusahaan itu pun membeli semua ikan itu untuk selanjutnya dikirim ke luar Lembata termasuk untuk kebutuhan ekspor. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Fredrikus Royanto Bau
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help