OJK Siapkan Sistem Pelaporan Nasabah Asing

OJK sedang persiapan sistem karena lembaga keuangan laporkan data nasabah itu ke OJK dan negara mana

OJK Siapkan Sistem Pelaporan Nasabah Asing
hermina pello
Kepala OJK Provinsi NTT, Winter Marbun 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM, KUPANG--OJK saat ini sementara mempersiapkan sistem untuk pelaporan nasabah asing di lembaga keuangan di Indonesia.

Pelaporan nasabah asing ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan negara-negara G20 yakni Automatic Exchange of Information (AEoI).

'Mengenai kewajiban Lembaga keuangan untuk melapor data nasabah ada dua yakni kewajiban nasabah asing dimana lembaga keuangan wajib melaporkan nasabah asing yang ada di lembaga tersebut. Itu tindak lanjut dari pertemuan Negara G 20 Terapannya OJK sudah buat aturan cara melapor dengan PJOK tahun 2015," kata Kepala OJK Provinsi NTT, Winter Marbun yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/2/2018).

Kewajiban ini, katanya, berlaku mulai tahun ini sekitar bulan Agustus atau September dan OJK sedang menyiapkan sistem karena lembaga keuangan laporkan data nasabah itu ke OJK dan negara mana yang mau minta informasi akan disampaikan namanya Sipina yakni sistem informasi pelaporan nasabah asing.

Di negara kita nasabah lokal juga dimana lembaga keuangan melaporkan nasabahnya tapi OJK dalam hal ini tidak mengatur karena ini terkait dengan pajak.

"Pajak yang berkepentingan OJK tidak atur.Terkait dengan kerahasiaan bank, maka ini ada pengecualian, tidak ada rahasia khusus untuk pajak," kata Winter Marbun. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help