APK Kampanye Bertebaran di Kota Ende Panwas Terbitkan Imbauan

kami telah mengeluarkan himbauan untuk menurunkan APK namun belum semua diikuti,

APK Kampanye Bertebaran di Kota Ende Panwas Terbitkan Imbauan
romualdus pius
Anggota Panwaslih Kabupaten Ende, Natsir Koten 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM, ENDE - Meskipun sudah ada himbauan dari Panwaslu Kabupaten Ende kepada pasangan calon untuk menurunkan berbagai alat peraga kampanye (APK) namun hingga Selasa sore (20/2/2018 belum semua APK diturunkan oleh masing-masing pasangan calon Bupati dan Waki Bupati Ende.

Hal ini seperti terlihat di beberapa ruas jalan dalam wilayah Kota Ende yang masih dipenuhi dengan berbagai atribut kampanye seperti spanduk juga baliho seperti yang terdapat di jalur Jalan Simpang Lima juga Jalan Kelimutu maupun di Jalan di Diponigoro dan Jalan Banteng.

Terhadap hal ini, Anggota Panwaslu Kabupaten Ende, Natsir Koten yang dikonfirmasi Pos Kupang, Selasa (20/2/2018) mengatakan pihaknya memang telah mengeluarkan himbauan kepada semua pasangan calon untuk menurunkan APK namun demikian hal itu belum semua diikuti oleh pasangan calon yang ditandai dengan masih terpampangnya sejumlah baliho pasangan calon.

"Entah pakai bahasa apalagi yang pasti bahwa kami telah mengeluarkan himbauan untuk menurunkan APK namun belum semua diikuti,"kata Natsir.

Menjawab pertanyaan mengapa Panwaslu tidak menurunkan saja baliho yang masih terpasang itu, Natisr mengatakan bahwa siapa yang memasang maka dia yang harus menurunkan karena itu adalah sebuah bentuk tanggungjawab.

"Iya semestinya mereka yang memasang baliho maka mereka pula yang harus menurunkan hal tersebut bukan kami di Panwaslu lagi yang disuruh untuk menurunkannya,"kata Natsir.

Oleh karena itu Natsir meminta kepada semua pasangan calon untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan sebagai bentuk kepatuhan akan regulasi Pemilu.

Secara terpisah Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi mengatakan bahwa KPU Kabupaten Ende dalam waktu dekat akan membersihan berbagai baliho dan spanduk atau semua APK yang dipasang pada lokasi yang tidak ditentukan.

Menurut Florentinus semua pasangan calon diberi kesempatan untuk memasang baliho atau spanduk di 11 titik dalam wilayah Kota Ende. Diluar lokasi yang telah ditentukan itu maka akan dibersihan oleh KPU Ende.
Florentinus mengatakan untuk pengadaan baliho sebanyak 11 unit akan diadakan masing-masing 3 oleh KPU Ended an 8 oleh setiap pasangan calon. Untuk ukuran baliho semuanya disamakan dari masing-masing pasangan calon.

"Baliho yang dibuat oleh KPU Ende belum jadi maka kalau sudah jadi baru kita akan pasang di lokasi yang telah ditentukan bersama,"kata Florentinus.

Pantauan Pos Kupang selain APK pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ende saat ini di Kota Ende juga bertebaran puluhan APK Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur NTT.

APK tersebut dipasang di tempat-tempat stategis dalam wilayah Kota Ende seperti di ruas jalan Banteng maupun di Simpang Lima Bandara Ende. *)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help