Lima Pantangan yang Tabu Dilakukan Saat Makan di Restoran Chines

Saat makan di restoran Chines jangan pernah lakukan 5 hal ini. Apa saja lima hal yang menjadi pantangan itu.

Lima Pantangan yang Tabu Dilakukan Saat Makan di Restoran Chines
net
ilustrasi retoran chines 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  Restoran Chinese food bisa dibilang sudah menjamur di Indonesia dan banyak sekali peminatnya. Namun ada 5 pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika kita makan di restoran Chines. 

Apa saja pantangan itu:

1. Jangan pernah menusuk sumpit di atas nasi
Makan di restoran Chinese food identik dengan penggunaan sumpit sebagai alat makan utama. Nasi di sana juga selalu dihidangkan dengan mangkuk.

Tapi jangan pernah menusukan sumpit di atas nasi dan membiarkanya menancap dalam waktu lama. Soalnya, dalam tradisi Chinese, hal ini melambangkan kematian atau makanan persembahan kepada arwah.

2. Jangan mengambil makanan untuk orang lain dengan sumpit sendiri
Jangan pernah sekali-kali mengambilkan makanan untuk orang lain menggunakan sumpit kita, ya. Misalnya ketika kita membantu mengambilkan makanan untuk orang lain.
Alasan utamanya tentu karena sopan santun dan kebersihan. Maka gunakan selalu sendok sayur atau sumpit yang memang tersedia di piring saji.

3. Jangan tambah kecap di atas nasi
Tak sedikit orang Indonesia yang menuangkan kecap ke atas nasi putihnya setiap kali makan. Tapi di restoran  Chinese jangan pernah lakukan hal ini.

Kenapa? Karena makanan Chinese sudah sangat bersaus.
Nah, nasi putih yang hambar itu akan jadi pelengkap yang membuat rasa hidangan semakin lezat. Bayangkan kalau nasi sudah terkena rasa asin atau manis dari kecap, pasti rasa masakan jadi kurang sedap.

4. Jangan bermain dengan sumpit
Kebiasaan memainkan sumit sebelum makanan datang itu dilarang.  Alasan utamanya lagi-lagi soal tata krama. Masa, alat makan dibuat mainan.

5. Jangan putar meja putar sembarangan
Satu lagi hal yang identik dengan restoran Chinese adalah meja putarnya. Meja putar ini disediakan supaya orang-orang bisa dengan mudah mendapatkan lauk yang mereka inginkan.

Tapi, jangan putar meja putar sembarangan. Selalu lihat, apakah ada orang lain yang sedang mengambil makanan di depannya. Kalau ada, tunggu dulu sampai Ia selesai, baru kita bisa memutar meja putar.

Aturan lain, putar meja putar dengan gerakan perlahan. Jangan sampai juga ada gelas, mangkuk, sumpit atau benda apapun yang tersenggol dan akhirnya terbalik.

Itulah 5 hal yang dilarang keras dilakukan saat makan di restoran Chinese food.

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help