Potensi Hujan Meningkat Masyarakat NTT Diimbau Waspada

Potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 3 hari ke depan 16 - 18 Februari 2018.

Potensi Hujan Meningkat Masyarakat NTT Diimbau Waspada
ist
ilustrasi hujan

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dari pantauan kondisi dinamika atmosfer terkini terindikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 3 hari ke depan 16 - 18 Februari 2018.

Melalui siaran pers yang diperoleh Pos Kupang dari group Whatsapp BMKG, Kamis (15/2/2018), ada beberapa provinsi di Indonesia yang akan terkena potensi hujan disertai kilat, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Papua.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. Mulyono R Prabowo, M.Sc mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati hati akan dampak peningkatan potensi hujan.

"Diperkirakan potensi banjir, longsor, genangan, banjir bandang, dan pohon tumbang juga turut meningkat," ujar Mulyono.

Wilayah perairan pun terkena dampaknya, yaitu diperkirakan gelombang akan mencapai 2-4 meter. Adapun wilayah perairan yang terdampak antara lain Barat Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Jawa bagian Selatan, Selat Bali - Selat Lombok - Selat alas bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Sumba hingga Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT, Perairan Utara Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Laut Jawa bagian Tengah dan Timur, Selat Makassar bagian Selatan.

Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan juga bagi masyarakat pesisir antara lain di wilayah Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran, Pantai Cilacap, Parang Tritis, Pantai Pacitan, dan Pantai Selatan Banyuwangi.

"Masyarakat diharapkan agar berhati-hati karena gelombang tinggi di wilayah Pesisir Selatan Jawa cenderung meningkat pada sore hingga malam hari.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam," pungkas Mulyono. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help