Bunyi Gong Waning Ganggu Pemaparan Visi Misi Calon Bupati Sikka

Setelah melakukan pawai keliling Kota Maumere, pendukung pasangan calon memenuhi Kantor DPRD Sikka mengikuti pemaparan program jagoannya.

Bunyi Gong Waning Ganggu Pemaparan Visi Misi Calon Bupati Sikka
POS KUPANG/EGINIUS MO'A
Pendukung pasangan calon berteduh di bawah tenda di halaman Kantor DPRD Sikka, Kamis (15/2/2018) mendengarkan pemaparan visi dan misi calon Bupati Sikka di Pulau Flores. 

Laporan wartawan Pos Kupang.Com, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Kampanye damai digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sikka dan pemaparan visi, misi dan program kerja calon Bupati dan Wakil Bupati Sikka di Gedung DPRD Sikka, Pulau Flores, Kamis (15/2/2017) siang makin menarik perhatian.

Setelah melakukan pawai keliling Kota Maumere, pendukung pasangan calon memenuhi Kantor DPRD Sikka mengikuti pemaparan program jagoannya. Pendukung membawa alat musik tradisional Sikka, gong waning dan membunyikan di halaman gedung wakil rakyat di Jalan El Tari Kota Maumere.

Bunyi gong waning mampu mengalihkan perhatian warga yang berjubel di emperan gedung. Mereka tak lagi konsentrasi mendengarkan penyampaian visi dan misi para calon dari pengeras suara.

Pasangan nomor urut satu, Aleks Longginus-Stefanus Say, mendapat kesempatan pertama membeberkan programnya bila kelak terpilih memimpin lima tahun mendatang.

Mantan bupati Sikka periode 2003-2008, menyampaikan mimpi besarnya menjadikan Kota Maumere sebagai pemimpin di Wilayah Flores menjadi pusat pendidikan, perdagangan, kesehatan dan transportasi laut dan udara.

Paket nomor urut dua, Roby Idong-Romanus Woga, memakai waktu 11 menit dari jatah yang diberikan 15 menit. Roby mengatakan target pemerintahannya memenuhi hak-hak dasar masyarakat, yakni air, jalan,listrik dan pendidikan.

Lain lagi, paket Yoseph Ansar dan Rafael Raga. Calon incumbent menyampaikan banyak program melanjutkan program kerja lima tahun pertama yang belum dituntaskannya. Namun waktu 15 menit yang dialokasiknya tidak cukup bagi Ansar membeberkan semua rencana kerja lima tahun mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Sikka, Donatus David, mengatakan, pemaparan visi, misi dan program kerja calon Bupati Sikka memenuhi perintah UU. Pemaparan tanpa dialog ini diberikan waktu dan kesempatan yang sama kepada tiga calon.

Faustinus Vasco, anggota DPRD Sikka melakukan interupsi memrotes makanisme paparan pogram tanpa dialog. Namun permintaan melakukan dialog dengan para calon tidak bisa dipenuhi.

"Regulasinya tanpa dialog. Kalau mau dialog dan tanya banyak program kerja para calon silahkan manfaat waktu kampanye dan diskusi dengan calon," tegas David. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help