Gempa Tektonik 3.5 SR Guncang Kabupaten Alor, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 3.5 SR mengguncang wilayah laut di sebelah tenggara Kabupaten Alor Rabu (14/2/2018).

Gempa Tektonik 3.5 SR Guncang Kabupaten Alor, Tidak Berpotensi Tsunami
Stasiun Geofisika Alor.
Titik gempa di wilayah laut sebelah tenggara kabupaten Alor Rabu (14/2/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Gempa berkekuatan 3.5 SR mengguncang wilayah laut di sebelah tenggara Kabupaten Alor Rabu (14/2/2018).

Melalui siaran pers yang diperoleh Pos Kupang melalu group whatsapp BMKG hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3,5 terjadi dengan koordinat episenter pada 8,66 LS dan 124,93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 32 km arah tenggara Kota Batulolong, Kabupaten Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 18 km.

Baca: Anda Mau Bepergian Hari ini? Simak 17 Daerah Berpotensi Hujan Lokal Hingga Hujan Ringan

Baca: Istri Nekat Tabrakkan Toyota Fortuner ke Mobil Saat Lihat Wanita Lain Bersama Suaminya

Baca: Menantu Trump Dibawa ke Rumah Sakit Gegara Buka Surat Berisi Bubuk Putih

Baca: Heboh Pesta Pernikahan 10 Hari di Binuang, Ini Loh Wajah Artis Ibukota yang Goyang Panggung

Menurut Kepala stasiun geofisika Alor Margiono S,Si, dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Kalabahi dalam skala intensitas I SIG-BMKG (I-II MMI) yang artinya di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang.

"Guncangan gempabumi ini belum menimbulkan kerusakan. Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ujar Margiono.

Hingga pukul 07:01 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Margiono menghimbau masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Alor agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir selatan kabupaten Alor dihimbau agar tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," pungkasnya. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved