Penyuluh 7 Provinsi Latihan di BBPP Kupang

Sebanyak 85 penyuluh yang berasal dari tujuh provinsi di Indonesia, mendapat pembekalan pelatihan dalam bidang peternakan.

Penyuluh 7 Provinsi Latihan di BBPP Kupang
POS KUPANG/EDI HAYONG
BERSAMA PESERTA - Kepala BBPP Kupang, Dr. Ir. Adang Warya, MM bergambar bersama peserta pelatihan di BBPP Kupang di Noelbaki, Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Edi Hayong

POS KUPANG.COM, NOELBAKI - Sebanyak 85 penyuluh yang berasal dari tujuh provinsi di Indonesia, yakni Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan tuan rumah Nusa Tenggara Timur, mendapat pembekalan pelatihan dalam bidang peternakan.

Kegiatan yang dikhususkan bagi tiga angkatan ini terutama dalam hal teknis pembibitan ternak potong, teknis formulasi pakan ternak dan teknik pemeliharaan ternak.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 13-19 Februari 2018 ini menghadirkan pembicara tenaga ahli dalam bidang peternakan di lingkup Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang.

Kepala BBPP Kupang, Dr. Ir. Adang Warya, MM, kepada Pos Kupang seusai membuka kegiatan tersebut di BBPP Kupang di Noelbaki, Selasa (13/2/2018), mengatakan, kegiatan pelatihan teknis menghadirkan penyuluh dari provinsi lain di balai ini, bukan baru sekarang.

Beberapa waktu lalu telah dilakukan kegiatan pelatihan teknis pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik juga pelatihan teknis pengolahan hasil ternak dengan peserta berasal dari delapan provinsi di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, kegiatan pelatihan teknis bagi penyuluh untuk peserta dari tujuh provinsi.

"Para penyuluh yang hadir berasal dari Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Bali, NTB, dan NTT. Total penyuluh 85 orang yang akan dibagi dalam tiga kelompok kegiatan pelatihan. Harapan dari pelatihan teknis ini mereka dapat kembangkan di daerahnya juga ke penyuluh lain sehingga proses peningkatan produksi daging sapi meningkat untuk meraih swasembada daging di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, NTT menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan teknis pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik, juga pelatihan teknis pengolahan hasil ternak. Kegiatan selama sepekan ini menghadirkan 60 penyuluh dari delapan provinsi di Indonesia. Harapan dari kegiatan ini, para penyuluh dapat mentransferkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan dan diberikan kepada kelompok dampingan di daerah masing-masing. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved