PosKupang/

Aparatur Sipil Negara di Ende Dalam Pengawasan dan Pemantauan

Bagi yang melakukan pelanggaran maka sesuai dengan aturan yang berlaku maka yang bersangkutan akan dikenai sanksi

Aparatur Sipil Negara di Ende Dalam Pengawasan dan Pemantauan
romualdus pius
PANWAS-Anggota Panwaslu Kabupaten Ende, Basilius Wena

POS KUPANG.COM, ENDE -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ende memantau pergerakan ASN di Lingkup Pemkab Ende mulai dari unit Setda hingga ke badan ataupun dinas juga badan maupun di kecamatan maupun desa agar mereka tetap bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende maupun Pilkada Gubernur NTT.

Anggota Panwaslu Kabupaten Ende, Basilius Wena mengatakan hal itu menjawab Pos Kupang di Kantor KPU Kabupaten Ende tentang upaya Panwaslu dalam mengawasi ASN di Lingkup Pemkab Ende terkait dengan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende, Selasa (13/2/2018).

Basilius mengatakan bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku maka ASN diharapkan untuk bersikap netral maka hal tersebut harus benar-benar dipatuhi oleh setiap ASN agar tidak melakukan pelanggaran dengan memberikan dukungan secara nyata kepada setiap pasangan calon Bupati dan Calon Wakil Bupati juga Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur NTT.

Bagi yang melakukan pelanggaran maka sesuai dengan aturan yang berlaku maka yang bersangkutan akan dikenai sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dia mengatakan untuk memantau pergerakan ASN maka Panwaslu Kabupaten Ende selain secara kelembagaan melakukan pengawasan juga akan memenfaatkan system kerja yang telah dibentuk mulai dari tingkat kabupaten hingga ke kecamatan.

"Untuk di tingkat kabupaten ada Panwaslu sedangkan di tingkat kecamatan ada Panwascam yang akan melakukan pengawasan sehingga dengan demikian bisa mengawasi setiap pergerakan ASN dalam kaitan dengan Pilkada baik Pilkada Kabupaten Ende maupun Pilkada Gubernur NTT,"kata Basilus.

Basilius mengatakan pihaknya bersyukur bahwa hingga kini pihaknya belum menemukan adanya indikasi pelanggaran oleh oknum ASN dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ended an di harapkan agar hal tersebut tidak terjadi di waktu yang akan dating.

"Kami belum mendapatkan laporan secara resmi terkait dengan adanya oknum ASN yang melakukan pelanggaran ataupun juga sesuai dengan pantuan kami belum ada ASN yang melakukan pelanggaran terkait dengan Pilkada,"kata Basilius.

Basilius juga meminta kepada masyarakat juga untuk ikut melakukan pengawasan terhadap keberadaan ASN dan jika ditemukan adanya pelanggaran maka segera memberikan laporan ke Panwaslu baik yang ada di kecamatan ataupun kabupaten agar segera ditindaklanjuti.

Laporan terkait dengan pelanggaran oleh ASN harus disertai dengan bukti akurat yang memang mengindikasikan keterlibatan oknum ASN seperti rekaman video ataupun foto.
Pada kesempatan itu Basilius menghimbau kepada ASN di Lingkup Pemkab Ende agar tetap bersikap netral karena bagaimanapun keberadaan ASN dipanggil untuk melayani semua masyarakat serta bebas dari kepentingan politik. (rom)

Penulis: Romoaldus Pius
Editor: Ferry_Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help