Mokasih Margiono, Catatan Menarik Mengenai Kiprah Ketua Umum PWI Pusat

Tindakan itu luar biasa berani di tengah kekuasan rezim Orde Baru. Departemen Penerangan kemudian membatalkan SIUPP

Mokasih Margiono, Catatan Menarik Mengenai Kiprah Ketua Umum PWI Pusat
POS KUPANG/DION DB PUTRA
Ketua Umum PWI Pusat, Margiono bicara dalam acara silaturahmi dengan pengurus Pusat PWI dan ketua PWI Provinsi seluruh Indonesia di Hotel Pangeran Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018) malam. Saat itu Margiono mengumumkan dirinya non aktif sebagai ketua PWI mulai 12 Februari 2018. 

Oleh: Ilham Bintang
Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat

POS KUPANG.COM -- Margiono bisa dicatat sebagai salah satu wartawan yang ikut menggelindingkan reformasi untuk menggantikan pemerintahan Orde Baru lewat medianya.

Salah satu karya jurnalistiknya pernah menggegerkan Tanah Air di ujung pemerintahan rezim Orde Baru . Majalah D&R miliknya menyajikan cover story tentang Pak Harto. Covernya : gambar Presiden Soeharto berpakaian raja dalam kartu King.

Tindakan itu luar biasa berani di tengah kekuasan rezim Orde Baru. Departemen Penerangan kemudian membatalkan SIUPP majalah tersebut, dan tamatlah riwayat D&R.

Saya berkenalan pertama kali dengan Margiono saat bertemu di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya untuk mendiskusikan kasus itu. Semakin akrab setelah kami bergabung dalam kepengurusan Tarman Azzam priode kedua, 2003 - 2008. Margiono Ketua Bidang Daerah PWI Pusat.

Bersedia Dikoreksi

Ketika Margiono terpilih pertama kali sebagai Ketua Umum dalam Kongres PWI di Aceh 2008, saya duduk sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan (DK) mendampingi Tarman Azzam sebagai ketuanya. Berlanjut pada Kongres PWI di Banjarmasin, September 2013.

Menjelang rapat pemilihan pengurus priode baru, pria rendah hati ini memberi tahu katanya ia dititipi dari mayoritas pengurus PWI Cabang yang menginginkan saya maju jadi Ketua Dewan Kehormatan PWI.

Ketua Umum dan Ketua Dewan Kehormatan memang dipilih kongres yang pesertanya seluruh pengurus cabang PWI.

Permintaannya tidak langsung saya penuhi. Sempat saya tanya banyak hal dan kami diskusikan bersama.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help