Bupati Kupang Bersama Warga Fatukanutu Tanam Sorgum dan Kacang Hijau

Bupati Titu Eki mengungkapkan kebanggaannya karena masyarakat memiliki cara baru dalam mengembangkan pertanian.

Bupati Kupang Bersama Warga Fatukanutu Tanam Sorgum dan Kacang Hijau
ISTIMEWA
Bupati Kupang, Ayub Titu Eki bersama pimpinan OPD dan warga Fatukanutu menanam sorgum dan kacang hijau, Kamis (8/2/2018). 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Edy Hayon

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Bupati Kabupaten Kupang, Ayub Titu Eki bersama warga Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto menanam sorgum dan kacang hijau di lahan pertanian milik warga setempat.

Penanaman sorgum dan kacang hijau di atas lahan seluas 16 Hektare itu merupakan hasil kerjasama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang dan PT. Agung Damar Mandiri sebagai bentuk antisipasi manakala terjadi ancaman rawan pangan, warga tidak mengeluh soal kelaparan.

Baca: BREAKING NEWS: KPK OTT Kepala Daerah di NTT

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang, Stefanus Baha menjelaskan penanaman sorgum dan kacang hijau yang melibatkan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dilaksanakan tanggal 8 Februari 2018.

Menurut Stefanus Baha, Bupati Titu Eki mengungkapkan kebanggaannya karena masyarakat memiliki cara baru dalam mengembangkan pertanian dengan tidak hanya menanam jagung di musim hujan tetapi mulai mengembangkan komoditi baru seperti sorgum dan kacang hijau.

Bupati Titu Eki mengharapkan masyarakat tetap bersemangat dan memacu diri untuk terus bekerja keras dan menggapai kehidupan yang lebih baik dengan mengelola lahan-lahan pertanian secara baik.

Baca: Pasien National Hospital Korban Pelecehan Tersandung Kasus Pencemaran Nama Baik

Kegiatan pertanian sendiri, menurut Bupati Titu Eki, dapat dikatakan berhasil jika masyarakat mendapat hasil panen yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sendiri tetapi juga dapat memasarkannya sehingga memberikan dampak bagi peningkatan taraf hidupnya.

Bupati Titu Eki mengilustrasikan bahwa menjadi petani adalah menjadi pengusaha yang mengelola lahannya bukan hanya untuk kebutuhan pribadi tetapi dapat menjualnya untuk meningkatkan taraf hidup.

Demi memotivasi masyarakat untuk menanam, Bupati Titu Eki menyatakan akan memprioritaskan kehadirannya pada undangan masyarakat untuk menanam sungguhan, bukan sekedar tanam simbolis saja.

Baca: Beredar Foto Bupati Ngada Marianus Sae Bersama Penyidik KPK

Kehadirannya bersama pimpinan OPD untuk menanam bersama masyarakat bukan hanya datang untuk menonton.

Bupati Titu Eki mengapresiasi upaya masyarakat mengembangkan lahannya untuk ditanami tanaman produktif dengan sistem tumpangsari dimana dalam satu kawasan ditanami berbagai jenis variasi tanaman.

Sistem tumpangsari menurutnya sangat baik karena karena lahannya benar-benar termanfaatkan dan tidak mubazir.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help