Ternyata di Usia Ini Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Tumbuh

Kapan penis mulai tumbuh dan kapan berhentinya? Masih bisakah punyamu bertambah besar?

Ternyata di Usia Ini Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Tumbuh
POS KUPANG/KOLASE
Ilustrasi 

POS-KUPANG.COM - Kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa sebagian pria punya penis lebih besar daripada pria lainnya.

Kamu mungkin juga pernah bertanya, apakah ukuran "barangmu" normal jika dibandingkan dengan rekan seusia.

Semua pertanyaan ini normal diajukan, mengingat penis merupakan organ seks pria yang sering jadi kebanggaan sekaligus kerisauan.

Sebenarnya, kapan penis mulai tumbuh dan kapan berhentinya? Masih bisakah punyamu bertambah besar? Simak fakta-fakta pertumbuhan Mr P di artikel ini.

Sebagaimana dilansir Kompas.com, pertumbuhan penis dimulai sejak dalam kandungan. Selama beberapa minggu pertama kehamilan, organ seks bayi perempuan dan laki-laki akan terlihat sama.

Baru ketika ada pengaruh testosteron, organ seks bayi laki-laki mulai berkembang menjadi penis dan sepasang testis dalam buah zakar.

Pertumbuhan penis biasanya dimulai pada minggu ke-9 kehamilan, dan akan terbentuk sepenuhnya pada akhir minggu ke-20.

Dari bayi baru lahir hingga anak-anak, biasanya ukuran penis bertumbuh lambat. Barulah kemudian mulai bertambah panjang dan menebal di rentang usia 10-14 tahun saat mulai masuk puber, dan terus terjadi sampai 18 tahun.

Pertumbuhan penis paling cepat terjadi di antara usia 12 sampai 16 tahun, tergantung kapan anak laki-laki tersebut mulai masuk usia puber.

Di masa puber, karakteristik fisik dan seksual pria mulai mengalami perubahan, mulai dari suara yang lebih berat, badan tumbuh bulu, hingga penis dan testis yang membesar diikuti dengan rambut kemaluan.

Halaman
1234
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help