Stikes CHMK Gelorakan Gerakan Kemanusiaan

STIKES CHMK Kupang kembali menggelorakan kegiatan kemanusiaan. Inilasannya mengapa menggelar kegiatan itu

Stikes CHMK Gelorakan Gerakan Kemanusiaan
Pos Kupang/Gordi Donofan
Mahaiswa STIKES CHMK ikut kegiatan donor darah 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Citra Husada Mandiri Kupang (Stikes Chmk), kembali menggelorakan gerakan kemanusiaan.

Gerakan kemanusiaan yang dilaksanakan berupa donor darah.
Sekitar 300 peserta mendonor darahnya di Kampus Stikes Chmk, Sabtu (3/2/2018).

Ketua Stikes CHMK, drg. Jeffrey Jap, M. Kes, kepada Pos Kupang, menjelaskan, sesuai perkembangan zaman banyak nilai yang mulai luntur antara lain nilai kemanusiaan.

Banyak orang tidak peduli lagi dengan keadaan sekitarnya termasuk jeritan minta tolong para pasien yang kritis akibat kekurangan darah di rumah sakit.

"Beberapa kali PMI mengalami kekurangan stok darah. Berdasarkan fakta yang ada maka Stikes CHMK terus menggelorakan gerakan kemanusiaan lewat berbagai kegiatan kemahasiswaannya," jelas drg. Jeffrey Jap.

Kegiatan donor darah di CHMK Kupang
Kegiatan donor darah di CHMK Kupang (Pos Kupang/Gordi Donofan)

Jeffrey Jap mengatakan, salah satu hal wajib yang ditanamkan di Stikes CHMK sejak awal berdirinya adalah sikap peduli dan berbagi kepada sesama.

Hal ini tidak hanya sekedar slogan tetapi ditunjukkan lewat aksi yang nyata. Salah satunya adalah wajib Donor darah yang dilakukan setiap 3 Bulan sekali.

drg. Jeffrey Jap mengaku, kegiatan tersebut untuk mengasah kepekaan seluruh civitas akademika Stikes CHMK untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

"Kita mendidik calon-calon tenaga kesehatan yang akan berhubungan dengan manusia. Oleh sebab itu aspek kemanusiaan terus kita asah dengan berbagai kegiatan kemanusiaan dan salah satunya adalah dengan donor darah. Hal ini harus menjadi babit, bagi setiap mahasiswa," jelas Jeffrey yang juga adalah pengurus harian PMI Provinsi NTT.

Ia juga mengajak semua elemen dan komunitas-komunitas untuk mendonor darah yang akan disumbangkan bagi yang membutuhkan.

"Selain itu kita juga terus berkampanye, mengajak komunitas-komunitas lainnya untuk juga berpartisipasi dalam hal donor darah. Lebih banyak pihak terlibat akan semakin baik, sehingga tidak ada sesama kita yang meninggal dunia akibat ketiadaan darah," ajak Jeffrey.

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan Stikes CHMK Vinsen Belawa Making SKM.M.Kes, menjelaskan, donor darah merupakan program tetap dari Stikes CHMK yang rutin dilaksankan.

"Kita punya beberapa program kemanusiaan dan salah satunya adalah kampanye dan donor darah. Ini kita lakukan rutin tiap 3-4 bulan sekali. Kegiatan ini terlaksana berkat semua pihak yang sudah semakin sadar akan pentingnya berbagi kepada sesama. Para Dosen prodi dan semua mahasiswa sangat antusias dalam menyukseskan kegiatan ini," ujarnya. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help