PosKupang/

Parah Benar! Warga Asal Cina Mr.C Ditangkap di Bandara Tambolaka Diduga Karena Menipu

Payah benar warga berkebangsaan cina ini. Ia datang jauh-jauh dari Cina hanya untuk menipu warga di Sumba Timur

Parah Benar! Warga Asal Cina Mr.C Ditangkap di Bandara Tambolaka Diduga Karena Menipu
Pos Kupang/Robert Ropo
Kapolres Sumba Timur dan dua tersangka (memakai masker) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - LX alias Mr C yang merupakan warga negara China berhasil ditangkap di bandara Tambolaka kabupaten Sumba Barat Daya, Minggu (28/1/2018).

Mr.C diamankan polisi karena modus menjual harta karun barang antik berupa emas palsu kepada korban Petrus Loru Koba Alias Nas Alias Ongko Nas warga Melolo, kecamatan Umalulu kabupaten Sumba Timur.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor MT Silalahi, SH, MH saat menggelar konfirensi Pers di Mapolres setempat, Kamis (1/2/2018).

Victor menjelaskan sesuai laporan Polisi nomor : LP/18/I/2018/NTT/Res ST, tanggal 26 Januari 2018, dengan Pelapor Johanes Loru Koba alias Jon dan terlapor berinisial N alias LY dengan surat Perintah Penyidikan nomor: SP.Dik/13/I/2018/Reskrim, tanggal 27 Januari 2018.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor MT Silalahi sedang memberikan keterangan pers terkait dugaan penipuan yang dilakukan warga cina
Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor MT Silalahi sedang memberikan keterangan pers terkait dugaan penipuan yang dilakukan warga cina (Pos Kupang/Robert Ropo)

Victor menjelaskan, tindakan yang telah dilakukan oleh pihaknya berupa telah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi.

Setelah dilakukan pengambilan keterangan dari para saksi, pihaknya juga telah melakukan penyitaan barang bukti berupa 52 buah logam berwarna kuning keemasan, dengan bentuk seperti perahu.

Tiga buah logam berwarna kuning keemasan, dengan bentuk seperti patung budha. Satu keping logam berwarna kuning keemasan, dengan berat 5,38 gram.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan dan telah menahan tersangka LX alias Mr. C dan N alias LY yang bersama korban saat melakukan aksi.

Victor mengatakan, tersangka II alias LY diamankan, Jumat (26/1/2018) pada saat berada di bandara Waingapu oleh anggota KP3 Udara Waingapu dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kemalaputi Bripka Dominggus Wabang saat hendak berangkat ke Denpasar, sedangkan tersangka I Mr.C diamankan saat berada di bandara Tambolaka dan hendak berangkat ke Denpasar pada hari Minggu tanggal 28 Januari 2018.

Sesuai analis Yuridis jelas Victor kedua tersangka dikenakan unsur pasal 378 KUHP, sebagai, dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, terpenuhi dengan alat bukti. Selain itu, Unsur dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, terpenuhi dengan alat bukti berupa hasil cetakan foto KTP dan keterangan para saksi,

Unsur dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, terpenuhi dengan alat bukti. Menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, terpenuhi dengan alat bukti.

Selain itu, kedua tersangka juga dikenakan unsur pasal 53 ayat(1) KUHP dimana pembatalan transaksi berupa pembayaran uang sebesar Rp. 600.000.000 dari korban kepada tersangka I dan II, adalah atas keinginan korban sendiri dan bukan atas keinginan kedua tersangka.

Victor juga menjelaskan, rencana tindak lanjut berupa mengirimkan SPDP kepada JPU, mengirimkan pemberitahuan kepada Konsul Jendral RRC di Denpasar Bali, dan tembusan kepada Keimigrasaian NTT di Kupang. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: marsel_ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help