Penutupan Sementara Taman Nasional Kelimutu Langkah Tepat

"Ketika mereka melihat ada potensi yang mengancam keberadaan para wisatawan maka mereka berhak melakukan penutupan sementara."

Penutupan Sementara Taman Nasional Kelimutu Langkah Tepat
Pos Kupang/Romualdus Pius
Kadis Pariwisata Ende, Derson Duka. 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Derson Duka menyetujui sikap Balai Taman Nasional Kelimutu menutup sementara Taman Nasional Kelimutu bagi wisatawan.

Apa yang dilakukan Balai Taman Nasional Kelimutu merupakan langkah yang tepat.

Hal tersebut guna menghindari adanya kemungkinan jatuhnya korban menyusul terjadi cuaca ekstrim.

Derson mengatakan Balai TNK sebagai pihak yang lebih mengetahui soal kondisi di lapangan.

Baca: Abrasi Gerus Pantai Maumere - Tiga Tahun Minta Pemecah Gelombang Belum Juga Digubris

"Kita tidak bisa mengintervensi karena pihak balai TNK yang lebih tau soal kondisi di lapangan. Ketika mereka melihat ada potensi yang mengancam keberadaan para wisatawan maka mereka berhak mengambil langkah termasuk melakukan penutupan sementara," kata Derson di Ende, Senin (29/1/2018).

Tentang penutupan TNK yang akan berpengaruh pada kunjungan wisatawan, Derson mengatakan bahwa hal itu sudah merupakan konsekwensi dan tentunya harus bisa dipahami serta diterima oleh semua pihak termasuk para wisatawan sekalipun baik lokal dan mancanegara.

"Ini kan semacam human error seperti gunung meletus maka ketika kondisi darurat pihak otoritas mengambil langkah-langkah termasuk dengan melakukan penutupan sementara," ujar Derson.

Baca: Plafon Kantor Gubernur NTT yang Rusak Diperbaiki Pekan Depan

Menurut Derson tentu akan lebih berbahaya apabila dibiarkan sementara di lapangan tidak memungkinkan bagi kunjungan para wisatawan.

"Kalau ada wisatawan yang terkena pohon tindis tentu pihak otoritas yang akan dimintai pertanggungjawaban maka sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka lebih bijaksana menutup sementara akses menuju ke Danau Kelimutu dan ketika kondisi cuaca membaik baru bisa dibuka kembali," kata Derson.(*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved