Walikota Kupang Pastikan Bangun Marina, Inilah Nilai Investasinya

Pembangunan marina, pelabuhan khusus untuk kapal pesiar di ibu kota provinsi ini merupakan satu dari sejumlah

Walikota Kupang Pastikan Bangun Marina, Inilah Nilai Investasinya
POS KUPANG/DION DB PUTRA
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu (kanan) saat memandu diskusi di ruang redaksi Pos Kupang, Kamis (25/1/2018). 

POS KUPANG.COM, KUPANG -Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore memastikan investor segera membangun marina di Kota Kupang. Sementara Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur optimistis wisata bahari bisa menyamai kemajuan pariwisata Labuan Bajo dengan jualan utamanya kekayaan Taman Nasional Komodo.

"Saya baru saja mengeluarkan izin prinsip kepada pengusaha yang mau bangun marina di Kupang dengan investasi Rp 300 sampai Rp 600 miliar," kata Walikota Jefri Riwu Kore dalam diskusi informal mengenai pariwisata bahari di redaksi Harian Pagi Pos Kupang, Kamis (25/1/2018) sore.

Pembangunan marina, pelabuhan khusus untuk kapal pesiar di ibu kota provinsi ini merupakan satu dari sejumlah rekomendasi diskusi yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi NTT tersebut. Diskusi menggali ide demi merajut wisata bahari yang meliputi lima daerah yakni Kota Kupang, Alor, Lembata, Belu dan TTU ini dipandu Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata NTT, Dr. Marius Ardu Jelamu.

Baca: Pemerintah Kabupaten Belu Gelar Festival Musim Dingin di Tempat Eksotis Ini

Empat kepala daerah dan wakil kepala daerah hadir dalam diskusi ini yaitu Bupati Belu, Willy Lay, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Fernandes, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore, Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday, Kadis Pariwisata Alor, Flora Gorang Mau, Kadis Pariwisata Rote Ndao Melki Rumlaklak, Kepala Bappeda Alor, Marthen Hitikana, Plt. Asisten I Alor Amirullah dan Asisten II Setda Alor, D Asadama.

Hadir juga Jefri Adoe (Pariwisata Kota Kupang), Yan Simu dan Edwin Sarimin (Bappeda Kota Kupang), Johanes Andes (Dispar Belu), Egidius Nurak (Dinas Perikanan Belu), Apolonaris (Disbudpar Lembata), Fredy Ongko (Ketua Apindo/PHRI NTT), Kepala Cabang Bank NTT Atambua, Gonza Atie, Komisaris Pos Kupang, Damyan Godho, Pemimpin Redaksi Dion DB Putra, Pemimpin Perusahaan Marina Napitupulu, para manajer dan editor.

Menurut Jefri Riwu Kore, pemerintah kota mendukung pembangunan fasilitas itu sehingga langsung memberikan izin yang sempat tertahan kurang lebih satu setengah tahun. "Dan, kami akan terus memantau dan evaluasi realisasinya," kata Jefri.

Bupati Lembata, Belu dan TTU juga mendukung pembangunan marina di Kota Kupang sebagai hub utama yang tentu bermanfaat bagi pengembangan wisata bahari ke berbagai daerah Flobamora.

Baca: Ketua PHRI NTT Tantang Pemerintah Melibatkan Masyarakat

Eliaser Yentji Sunur optimistis potensi pariwisata lima atau tujuh daerah mulai Belu, TTU, Kota Kupang, Rote Ndao, Alor, Lembata dan Ende bisa menyamai bahkan menggeser pesona Labuan Bajo. Sunur yang diberi kesempatan pertama oleh Marius, mengungkapkan sudah saatnya NTT tidak hanya fokus membangun pariwisata di Labuan Bajo karena daerah lain memiliki potensi wisata yang sama.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved