Pilkada Ende

Tiga Paslon Dinyatakan Bebas Narkoba

Ketiga pasangan itu diketahui telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD W.Z. JohaNnes, Kupang

Tiga Paslon Dinyatakan Bebas Narkoba
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Florentinus H Wadhi 

Laporan Reporter Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS-KUPANG,COM | ENDE - Tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ende dinyatakan bebas dari narkoba yakni pasangan calon Bupati Ende, Ir Marsel Petu yang berpasangan dengan Drs Djafar Achmad serta Don Bosco Wangge yang berpasangan dengan Munawar serta Rafael Ngala yang berpasangan dengan Antonius Tonggo.

Ketiga pasangan itu diketahui telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD W.Z.  JohaNnes, Kupang dalam rangka keikutsertaan mereka pada proses Pilkada Kabupaten Ende.

Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi mengatakan hal itu kepada Pos Kupang, Kamis (18/1/2018), ketika dikonfirmasi mengenai hasil pemeriksaan kesehatan atas tiga pasangan calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kupang.

Pria yang akrab dipanggil dengan nama Budi mengatakan bahwa pemeriksaan narkoba atas diri ketiga calon merupakan satu jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter di RSUD Kupang.

Selain dinyatakan bebas narkoba ketiga pasangan calon juga dinyatakan sehat jasmani dan rohani sehingga dengan demikian mereka bisa mengikuti tahapan Pilkada Kabupaten Ende selanjutnya meskipun belum dinyatakan sebagai peserta karena memang belum dilakukan pengumuman bakal calon yang akan mengikuti Pilkada Kabupaten Ende.

Terkait dengan syarat kesehatan dari ketiga pasangan calon jelas Budi sudah diumumkan dalam pleno pada, Rabu (16/1/2018) juga sudah diberitau kepada para bakal calon agar bias diketahui karena memang hal itu merupakan hak mereka.

Sebelumnya, ujar Budi, KPU Kabupaten Ende memang sudah meminta kepada para bakal calon untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kupang.

Hal itu sudah dilakukan oleh para bakal calon dan hasilnyapun sudah diberi ke KPU Kabupaten Ende. Oleh KPU hasil pemeriksaan kesehatan selanjutnya diserahkan ke para bakal calon.

Usai menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada tiga pasangan calon, ujar Budi, KPU Kabupaten Ende selanjutnya akan melakukan pemeriksaan pemberkasan pada masa perbaikan kepada pasangan calon perseorangan atas nama Rafael Ngala dan Antonius Tonggo yang juga dikenal dengan nama Paket Patriot.

Khusus untuk calon perseorangan, jelas Budi, dalama beberapa waktu ke depan akan dilakukan sejumlah tahapan seperti penelitian jumlah minimal dukungan dan sebaran juga penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda.

Selain itu, dilakukan penyampaian hasil analisis dugaan dukungan ganda dan syarat dukungan oleh KPU Kabupaten Ende kepada PPS melalui PPK dan penelitian factual di tingkat desa dan kelurahan.

Pada tahap verifikasi factual kali ini, jelas Budi, diharapkan kepada Paket Patriot untuk mengumpulkan warga yang telah terkumpul KTP di salah satu tempat.

KPU tidak lagi melakukan sensus seperti pada pelaksaan verifikasi faktual sebelumnya.

Pada tahapan keiikutsertaan Paket Patriot diharapkan mampu mengumpulkan foto kopi KTP sebanyak 26.244 yang selanjutnya foto kopi KTP tersebut akan diverifikasi oleh KPU. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help