Waduh! KBM SDK Motaain Dipindahkan ke Rumah Warga dan Posyandu

Ini penjelasan dari kepala sekolah dasar Motaain, Malaka terkait dengan KBM di sekolah itu

Waduh! KBM SDK Motaain Dipindahkan ke Rumah Warga dan Posyandu
Pos Kupang/Dion Kota
KBM di SDK Motaain 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | BETUN - Akibat genangan lumpur yang terbawa banjir hingga masuk ke dalam ruang kelas SD Katolik Motaain, desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, kegiatan belajar mengajar (KBM) terpaksa dipindahkan ke rumah warga dan gedung Posyandu desa.

Untuk kelas 1 dan 2 proses KBM berlangsung di gedung posyandu, sedang kelas VI proses KBM berlangsung di rumah warga yang kosong karena masih dalam proses pengerjaan.

Kepala sekolah SDK Motaain, Simon Bria mengatakan, hanya kelas III, IV dan V yang tetap melakukan KBM di dalam ruangan kelas karena tidak terendam banjir.

Sedangkan ruangan kelas I, II dan VI terendam lumpur karena fondasi bangunan ruang kelas lebih rendah dari fondasi ruangan kelas yang lain.

Ia mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada dinas pendidikan guna mendapatkan perhatian.

"Sudah sejak hari pertama KBM di awal tahun ini sekolah kami terendam lumpur akibat banjir luapan anak sungai Benenain. Walau pun sudah tidak tergenang air lagi, namun endapan lumpur yang masuk sampai ke ruang kelas membuat proses KBM tidak bisa berlangsung di dalam kelas. Langkah alternatif yang kita tempuh agar KBM tetap berlangsung dengan memindahkan proses KBM ke rumah warga dan gedung Posyandu desa," ungkap Simon.

Ketika disinggung apakah endapan lumpur tersebut mempengaruhi tingkat kehadiran siswa di sekolah, Simon mengatakan, kehadiran siswa menurun pasca halaman dan ruangan kelas terendam lumpur.

Pasca terendam lumpur, mayoritas siswanya bertelanjang kaki atau hanya menggunakan sandal jepit saat berangkat ke sekolah.

Proses KBM pun tidak bisa berlangsung tepat waktu karena kebanyakan siswa datang terlambat.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help