Ini Cara Warga Kelurahan Kota Raja, Ende Pilih Ketua RT

Luar biasa! Ini cara belajar demokrasi ala RT di Kelurahan Kota Raja, Kabupaten Ende

Ini Cara Warga Kelurahan Kota Raja, Ende Pilih Ketua RT
Pos Kupang/Romualdus Pius
Alfons Tari, Warga Kelurahan Kota Raja Memasukan Surat Suara ke dalam Kotak Suara saat Pemilihan Ketua RT, Sabtu (13/1/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Warga di Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, menggelar pemilihan Ketua RT dan RW menggunakan sistem coblosan dan kertas suara juga kotak suara seperti pelaksanaan Pikada ataupun Pilpres maupun Pemilu Legislatif, Sabtu (13/1/2018).

Anggota panitia pemilihan, Wellem Nubatonis kepada Pos Kupang mengatakan, pihaknya sengaja mengadopsi pelaksanaan Pemilihan Ketua RT dan RW menggunakan cara yang dipergunakan pada Pemilu Kada ataupun Pemilu Pilpres juga Pemilu Legislatif agar pelaksanaan pemilihan Ketua RT dan RW dalam wilayah kelurahan Kota Raja bisa berjalan demokratis.

Jjuga sebagai ajang pemanasan bagi warga sebelum mengikuti Pilkada Kabupaten Ende pada Bulan Juni 2018.

"Iya hitung-hitung sebagai ajang pemanasan bagi warga sebelum mengikuti Pilkada dengan demikian warga sudah menjadi terbiasa ketika akan mengikuti Pilkada," kata Wellem.

Wellem mengatakan, ide pemilihan Ketua RT dan RW mengadopsi layaknya Pemilu Nasional datang dari warga sendiri sehingga hal tersebut disepakati oleh warga yang dimulai dengan mencetak kertas suara juga pembuatan kotak suara juga bilik suara.

Apa yang disepakati oleh warga akhirnya terealisasi yang ditandai dengan pelaksanan proses pemilihan berjalan secara langsung umum juga bebas dan rahasia sehingga terpilih ketua RT dan Ketua RW didalam Kelurahan Kota Raja.

Wellem mengatakan, pelaksanaan pemilihan yang dilangsungkan pada, Sabtu (13/1/2018) dilakukan untuk memilih Ketua RT 04 dan RT 05 serta RT 06 dan RW 02.

Warga Kelurahan Kota Raja, Alfons Tari Se mengatakan bahwa sebagai warga pihaknya merasa senang mengikuti proses pemilihan Ketua RT dan RW dalam wilayah Kelurahan Kota Raja yang mengadopsi sistem pada Pemilu umumnya.

Lurah Kota Raja,Moh Mbupu mengatakan bahwa sebagai lurah dia memberikan apresisi kepada pihak panitia yang menggelar pemilihan Ketua RT yang mengadoposi sistem Pemilu nasional dan diharapkan agar cara yang sama bisa diikuti oleh RT lain dalam wilayah Kota Raja. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help