PosKupang/

Pilkada Ende

Paket Patriot Harus Serahkan Dukungan KTP Sebanyak 26.244

Jamal mengatakan bahwa dukungan KTP oleh Paket Patriot sebanyak 26.244 lembar tersebut sebenarnya telah diumumkan pekan lalu

Paket Patriot Harus Serahkan Dukungan KTP Sebanyak 26.244
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Paket Patriot foto bersama KPU Ende dan Panwas, Rabu (10/1/2018). 

Laporan Reporter Pos Kupang.com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE - Anggota KPU Kabupaten Ende Divisi Pencalonan, Jamal Umar mengatakan bahwa pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang maju dari jalur perseorangan, Rafael Ngala dan Antonius Tonggo atau yang dikenal dengan tagline paket Patriot diminta melengkapi syarat pencalonan berupa dukungan KTP sebanyak 26.244 lembar.

Hal tersebut dikatakan Jamal menjawab Pos Kupang di Kantor KPU Kabupaten Ende, Jumat (12/1/2018) ketika dikonfirmasi perihal syarat minimal yang harus dilengkapi oleh Paket Patriot dalam keikutsertaan paket tersebut pada Pilkada Kabupaten Ende.

Jamal mengatakan bahwa dukungan KTP oleh Paket Patriot sebanyak 26.244 lembar tersebut sebenarnya telah diumumkan pekan lalu ketika dilakukan pleno oleh KPU Kabupaten Ende yang dihadiri oleh PPK dari semua kecamatan di Kabupaten Ende juga penghubung Paket Patriot dan juga Panwas Kabupaten Ende.

Jamal menjelaskan saat pleno pekan lalu, Paket Patriot mengalami kekurangan syarat dukungan sebesar 13.122 dari yang disyaratkan sebesar 16 ribu dukungan KTP.

Namun karena regulasi mengatur bahwa kekurangan dukungan dikali 2 maka Paket Patriot harus menyerahkan dukungan menjadi 26.244 KTP.

Jamal mengatakan bahwa syarat dukungan KTP sebanyak 26.244 KTP adalah syarat mutlak yang memang harus dipenuhi oleh Paket Patriot apabila memang paket tersebut hendak mengikuti Pilkada Kabupaten Ende dan apabila tidak bisa dipenuhi maka Paket Patriot terpaksa tidak bisa ikut dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Paket Patroit untuk segera melengkapi syarat yang ditentukan agar bisa mengikuti Pilkada Kabupaten Ende.

Jamal mengatakan bahwa Paket Patriot menjadi paket terakhir yang mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Ende pada, Rabu malam (10/1/2018) dalam proses keikutsertaan paket itu dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende.

Jamal mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan dan penelitian berkas pencalonan dan calon oleh KPU dan Panwas saat pendaftaran Paket Patriot diminta melengkapi KTP dukungan sebanyak 26.244 KTP pada masa perbaikan.

Sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, katanya, KPU Kabupaten Ende menerima semua paket yang mendaftar baik dari partai politik maupun perseorangan atau independen.

Dikatakannya Paket Patriot mendaftar sebagai peserta terakhir dan diterima dalam pendaftaran setelah melakukan pemeriksaan berkas calon dan pencalonan.

Dikatakannya, meski memenuhi syarat dalam pendaftaran namun Paket Patriot diwajibkan melengkapi syarat pencalonan yakni surat dukungan KTP sebanyak 26.244 yang harus dilengkapi dalam waktu satu minggu atau selama 7 hari kedepan.

Jamal mengatakana setelah melengkapi syarat pencalonan dalam bentuk dukungan KTP, KPU Kabupaten Ende akan melakukan verifikasi faktual. Pada proses verifikasi faktual yang dilakukan pada tahapan ini berbeda dengan tahapan sebelumnya dimana pelaksanaan verifikasi faktual pada tahapan ini dengan mengumpulkan masa di desa yang memberikan dukungan kepada Paket Patriot.

Jamal mengatakan bahwa pihaknya tidak mau berandai-andai namun diharapkan agar semua syarat yang ditentukan harus bisa dipenuhi oleh semua peserta yang telah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Ende karena prinsipnya apabila syaratnya lengkap maka bisa ikut Pilkada namun apabila tidak lengkap tentu tidak bisa ikut. (*)

Penulis: Romoaldus Pius
Editor: agustinus_sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help